Iklan

Mahfud MD Dukung Usulan Kepala Daerah Dipilih DPRD

09 April 2018, April 09, 2018 WIB Last Updated 2018-04-09T16:37:46Z
NEWSGEMAJAKARTA.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD setuju dengan mekanisme pemilihan kepala daerah dipilih oleh DPRD. Menurutnya, mekanisme pemilihan langsung memiliki banyak kerugian.

Hal itu menanggapi wacana pemerintah dan DPR mengevaluasi sistem pemilhan langsung kepada daerah.

"Saya sangat setuju itu. Saya mantan Hakim MK ini, banyak sekali mudaratnya pilihan langsung itu," ujar Mahfud di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/4).
Mahfud memaparkan kerugian yang terjadi dalam mekanisme pilihan langsung, di antaranya korupsi anggaran daerah, penyuapan penyelenggara pemilu, pemalsuan dokumen, mobilisasi massa, hingga pemecatan aparatur sipil yang tidak sejalan dengan kepala daerah terpilih hasil pemilu langsung.

Jika hal itu terus dibiarkan, ia khawatir akan semakin memberi dampak negatif terhadap situasi bangsa ke depan.

Lebih lanjut, Mahfud menjelasakan pelaksanaan pemilihan langsung merupakan dampak dari memanasnya suasana politik pada tahun 2014. Kala itu ia menyebut ada pertarungan antara Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat.

KMP yang terdiri dari Golkar, Gerindra, PAN, PKS, PPP, dan PBB dianggap merupakan penguasa legislatif. Sementara KIH yang terdiri dari PDIP, PKB, NasDem, Hanura, dan PKPI disebut sebagai penguasa eksekutif.

Atas pertarungan itu, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan pemilihan kepala daerah dilakukan lewat pemilihan langsung. Keputusan itu dikeluarkan Lewat Perppu pasca paripurna DPR menetapkan Pilkada oleh DPRD.

"Nah sekarang kita sudah jernih berpikir. Tidak ada lagi koalisi-koalisi itu. Menurut saya sudah saatnya dipertimbangkan kembali karena mudaratnya sangat banyak," ujarnya.

DPR dan pemerintah kembali melempar wacana untuk merevisi UU Pilkada. Revisi dilakukan untuk mengubah mekanisme pemilihan kepala daerah agar dilakukan oleh DPRD.

Besarnya biaya kampanye dan biaya penyelenggaraan pilkada langsung menjadi dasar diwacanakannya pemilihan kepala daerah oleh DPRD. (ugo)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mahfud MD Dukung Usulan Kepala Daerah Dipilih DPRD

Terkini

Iklan