Iklan

Tasyakuran Kemerdekaan RI Ke 74, GP ANSOR Jakbar Putar Video Veteran Tolak Khilafah

17 Agustus 2019, Agustus 17, 2019 WIB Last Updated 2019-08-17T12:38:24Z
Ketua Umum Ikatan Keluarga Barisan Pelopor, RME Tjokrosantoso (Ketujuh dari kanan), Jumat (16/8/2019)
Gema Jakarta, JAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke 74 Tahun, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jakarta Barat yang dikomandoi Alfanny, SS tengah melakukan tasyakuran dan Do'a serta Tahlil untuk KH. Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Rangkaian acara yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Fathul Huda Kamal, pada Jumat (16/8/2019) tersebut, dilakukan juga pemutaran rekaman video seorang veteran yang dengan tegas menolak Khilafah. Dalam video testimoni tersebut, sebelumnya berisikan sejarah singkat para ulama dan santri secara langsung ikut berjuang dalam merebut kemerdekaan.

Ketua PC. GP. Ansor Jakarta Barat, Alfanny, SS (Ketiga dari kiri) saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Ikatan Keluarga Barisan Pelopor, RME Tjokrosantoso (Keempat dari kiri)
Ketua Umum Ikatan Keluarga Barisan Pelopor, RME Tjokrosantoso, menyampaikan, bahwa NKRI merupakan negara yang diperjuangkan oleh semua golongan, termasuk para ulama dan santri. Bahkan, beberapa veteran yang saya temui sedih melihat deklarasi khilafah yang dilakukan oleh sejumlah oknum mahasiswa beberapa waktu lalu.

"Mereka (veteran) berharap, generasi muda dapat mempertahankan NKRI yang diperjuangkan dan didirikan oleh semua golongan," papar pria yang menggunakan kemeja putih lengan panjang ini.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Barisan Pelopor, RME Tjokrosantoso, saat memberikan sambutan
"Saya sangat mengapresiasi GP Ansor Jakarta Barat, yang telah melaksanakan kegiatan tasyakuran kemerdekaan ini dan saya berharap GP Ansor terus menebar dan menanamkan nasionalisme kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda," tambah Gus Tjokro, panggilan akrab RME Tjokrosantoso.

Ditempat sama, Ketua Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Jakarta Barat, KH. Yusuf Ismail, dalam sambutannya berpesan agar bangsa Indonesia jangan melupakan perjuangan para ulama dalam memerdekakan Indonesia.

"Jas Hijau, Jangan Sekali-Kali Menghilangkan Jasa Ulama terdahulu seperti, KH. Hasyim Asy'ari, KH. Wahab Hasbullah dan Mbah Moen yang sudah berjasa besar menanamkan semangat cinta tanah air dan meletakkan landasan Hubbul Wathon Minal Iman, sehingga tidak ada keraguan lagi bagi umat Islam untuk mencintai tanah airnya," ungkapnya.

Adapun pemotongan tumpeng sebagai puncak acara dilakukan oleh Alfanny, SS selaku Ketua GP Ansor Jakarta Barat dan langsung diberikan kepada RME Tjokrosantoso. Hadir dalam acara tersebut, para kader dan anggota Ansor - Banser, aparatur pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan jama'ah.

Diakhir acara, Ketua GP Ansor Jakarta Barat, Alfanny, SS menyampaikan ucapan terimakasih untuk seluruh pihak yang membantu hingga acara berjalan dengan baik, termasuk kepada Danny Suherli dari Forum Sahabat Ansor yang juga hadir dalam acara tersebut.

Reporter : Andre Hans
Editor : Heri Tambora
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tasyakuran Kemerdekaan RI Ke 74, GP ANSOR Jakbar Putar Video Veteran Tolak Khilafah

Terkini

Iklan