Iklan

Pemudik di Terminal Kalideres Diprediksi Meningkat

23 Juli 2013, Juli 23, 2013 WIB Last Updated 2015-07-06T09:16:46Z


Jakarta Barat - Berbagai persiapan dilakukan para pengelola terminal di ibu kota untuk menyukseskan kelancaran mudik maupun arus balik lebaran 1434 Hijriah. Di Jakarta Barat, salah satu terminal yang siap memberangkatkan para pemudik ke berbagai kota tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera yakni Terminal Kalideres. 

Berbekal pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang selalu terjadi peningkatan jumlah pemudik, pada musim mudik kali ini pun, jumlah pemudik melalui Terminal Kalideres juga diprediksi bakal naik sebesar 5 persen. Jumlah tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi arus balik lebaran di Terminal Kalideres tahun 2012 yang mencapai 70 ribu lebih penumpang. Sedangkan untuk arus mudik, pada tahun yang sama diberangkatkan sebanyak 67.595 penumpang.

"Berdasarkan rekapitulasi arus mudik dan balik lebaran tahun lalu, kami prediksi tahun ini akan meningkat sebesar 5 persen," ujar Hengki Sitorus, Kepala Terminal Kalideres, Minggu (21/7).

Saat ini, kata Hengki, untuk memastikan kelancaran arus mudik, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, PO bus dan instansi terkait lainnya. "Untuk posko, biasanya disediakan oleh Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN), kepolisian, Dishub DKI dan lainnya. Posko akan didirikan sepekan jelang lebaran. Sedangkan untuk jumlah armada, disiapkan sekitar 4.000 armada bus," kata Hengki.

Sementara itu, meski lebaran masih dua pekan lagi, namun sejumlah pemudik sudah bisa ditemui di Terminal Kalideres. Seperti Indah (35), yang mengaku akan melakukan perjalanan mudiknya pada hari ini menuju kampung halamannya di Pagar Alam, Sumatera Selatan. "Saya pilih berangkat sekarang untuk menghindari macet, desak-desakan dan mahalnya harga tiket. Kebetulan, saat ini kontrak kerja saya sudah habis," tandasnya.(bjc)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemudik di Terminal Kalideres Diprediksi Meningkat

Terkini

Iklan