Iklan

Di Rakernas Pertama, IMO Indonesia Hadir Untuk Menepis Berita Hoax

14 Februari 2018, Februari 14, 2018 WIB Last Updated 2018-02-13T18:08:07Z
NEWSGEMAJAKARTA.COM, JAKARTA - Organisasi Ikatan Media Online Indonesia (IMO Indonesia) yang baru saja dideklarasikan pada 27 Oktober 2017 di Jakarta ini, akan menggelar Rapar Kerja Pertama (Rakernas I) dari tanggal 13-15 Februari 2018, bertempat di Hotel Saron, Legian, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Puluhan Pengurus DPW IMO Indonesia dari 34 Provinsi di Indonesia turut menghadiri perhelatan yang kali pertama di adakan IMO Indonesia, guna pembahasan AD/ART dan diskusi Panel terkait Peraturan Organisasi, Pengembangan Usaha Media Online, Regulasi Media Online, UU Pers No.40 Tahun 1999 serta pembahasan Undang-undang ITE.

Ketua Umum IMO Indonesia, Yakub F Ismail mengatakan, pada deklarasi ini juga akan diisi dengan pengukuhan pengurus di masing-masing DPW Se-Indonesia, IMO Indonesia mendorong dan membantu anggotanya untuk memenuhi legalitas badan usaha yang ditetapkan oleh Dewan Pers yakni Perseroan Terbatas (PT).
 
“Apalagi saat ini pendaftaran media online di dewan Pers tidak harus datang, tapi bisa daftar melalui via online,” ujar Ketua Umum DPP IMO Indonesia Yakub F Ismail, Kepada Media Gema Jakarta melalui Press Releasenya , Selasa (13/2/2018).

Dikatakan Yakub, Organisasi Ikatan Media Online (IMO) Indonesia ini akan berperan dalam mereduksi berita Hoaks. Mengingat, berdirinya IMO Indonesia dilandasi kesepakatan untuk menepis kabar hoaks yang saat ini lagi marak.

“Produksi berita yang obyektif dan sesuai fakta, nantinya akan terakumalasi dalam mesin pencari. Dengan demikian, secara otomatis akan mengcounter kabar bohong yang sengaja diciptakan oleh segelintir orang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Yakub, ruh organisasi badan usaha media online ini tentunya untuk memupuk rasa kebangsaan dan kebhinekaan dengan dasar utama Pancasila dan UUD 1945. 

Dalam acara giat Rakernas, nantinya para peserta Rakernas baik pemilik media maupun pemimpin Redaksi media online yang tergabung pada IMO Indoenesia se-nusantara ke pulau Bali, secara khusus akan diajak mengunjungi ke sejumlah spot wisata yang ada di pulau Dewata.

Hal senada disampaikan Ketua IMO Indonesia DPW Provinsi Bali, wahyu Siswadi mengatakan, dengan segala keunikan yang dimiliki Bali, tentunya dengan kedatangan para pemilik media maupun poemred Media Online, diharapkan akan memberikan efek positif terkait keamana dan kenyaman Bali sebagai destinasi wisata dunia.

“Mereka pasti punya sense of jurnalistic yang berbeda ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di Bali. Naluri jurnalistik itu pasti akan menuntun teman-teman pemilik media online dan pemred untuk menulis berita positif,” pungkasnya.

Sebagai informasi tembahan, Ikatan Media Online Indonesia atau yang lebih dikenal dengan nama IMO-Indonesia adalah organisasi Badan Usaha Media Online yang telah dideklarasikan pada tanggal 27 Oktober 2017 di Jakarta, dengan akta pendirian nomor 49 Notaris H. Zainuddin, SH dan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0016686.AH.01.07.Tahun 2017

Dengan tumbuhnya ribuan media online yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia saat ini, sudah semestinya ada organisasi Badan Usaha yang mewadahi media online. Hal inilah yang mendorong Para Pendiri untuk membidani  lahirnya IMO-Indonesia menjadi Organisasi Badan Usaha Media Online yang Berimbang dalam pemberitaan dan menjadi pemersatu kebhinekaan.


Seiring dengan terus berkembangnya teknologi tentunya sangat berdampak kepada sebaran informasi dan berita yang sangat cepat melalui media digital. Organisasi IMO-Indonesia saat ini memiliki anggota 350 media online yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun Visi dari IMO Indonesia adalah, menjadi organisasi Media Online yang berimbang dalam pemberitaan dan pemersatu kebhinekaan. Sedangkan Misi dari IMO Indonesia adalah, menjadikan Media Online Bagian Dari Industri Pers Yang Memiliki Nilai Tambah, Memperjuangkan Regulasi Yang Berpihak Kepada Industri Pers Online dan Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa Dengan Pemberitaan Yang Benar serta Berimbang. (Andi/rls/red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Di Rakernas Pertama, IMO Indonesia Hadir Untuk Menepis Berita Hoax

Terkini

Iklan