Iklan

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Erwin C Rusmana

05 Maret 2018, Maret 05, 2018 WIB Last Updated 2018-03-04T18:32:08Z
NEWSGEMAJAKARTA.COM, JAKARTA - Menjadi perwira polisi itu tidak semudah kembalikan telapak tangan, melainkan dibutuhkan kerja keras serta keulatan dalam menjalaninya. Hal ini lantaran perwira Polri merupakan tugas yang diemban oleh seseorang untuk mengabdi pada bangsa dan negara.

Demikian ungkap Komisaris Besar (Kombes) Polisi Erwin C. Rusmana kepada Wartawan, Minggu (4/3/2018). Menurutnya, menjadi Polisi bukan sekedar mengejar jabatan serta pangkat semata, melainkan polisi harus mampu merealisasikan moto serta visi misi Polri yakni, Malayani Mengayomi, dan Melindungi masyarakat. Itulah salah satu pokok penting menjadi Polisi.

Dikatakan Kombes Pol Erwin, bahwa tiga poin penting Motto Polri tersebut tudaklah cukuo, ada beberapa motto lain yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan tugas dan fungsi seseorang menjadi perwira Polri.

"Semenjak dilantiknya Tito Karnavian menjadi Kapolri yang melahirkan salah satu program penting yakni saat itu juga beliau mencetuskan Program "PROMOTER" (Profesional, Modern, dan Terpercaya), program ini penting sekali bagi setiap insan perwira Polri untuk dijalankan," terangnya.

Dikesempatan sama, Analis Kebijakan (Anjak) Madya Bidang Binmas Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri menyampaikan, bahwa setiap perwira Polri harus terus menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugasnya. Bahkan semenjak dirinya dilantik oleh Jenderal Tito, ia terus memupuk tugasnya sebaik mungkin.

"Ya, semenjak dilantik beliau (Pak Kapolri), saya sudah mempersiapkan diri serta memiliki tekad kuat dalam melaksanakan reformasi birokrasi di internal Polri, dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme penegakan hukum dan profesionalisme pelayanan publik," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Kombes Pol Erwin memang terkenal dengan loyalitas dan dedikasi kerjanya yang sangat tinggi. Bahkan karena loyalitas dan dedikasinya itu, hingga ia pun sempat dipercaya untuk memegang kendali Reserse Mobil (Resmob) sebagai Kasat Resmob Bareskrim Mabes Polri. Dan ia juga sempat pula menjabat sebagai PJ Kapolresta Barelang Kepri.

Dari pengalamannya itu, ia mengatakan bahwa dirinya sedikit banyak memahami berbagai persoalan yang ada di masyarakat termasuk maraknya peredaran narkoba. Bahkan ketika dirinya bertugas di Batam, banyak sekali bandar-bandar narkoba yamh ditangkap. "Banyak sudah bandar narkoba di Batam dan Kepri yang disikat," tandasnya.

Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Erwin C Rusmana

Kombes Pol Erwin C Rusmana saat megawali karirnya setelah lulus di Akademi Kepolisian (Akpol), ia merupakan sosok perwira menengah Polri yang cerdas, santun, pandai bergaul dan memiliki sikap tegas. Kondisi inilah yang membuat dirinya beehasil dipercaya institusi Kepolisian Republik Indonesia untuk menduduki beberapa jabatan penting.

Adapun jabatan yang dipercaya dan pernah berhasil diduduki oleh Kombes Pol Erwin C Rusmana diantaranya adalah :
- Tahun 1992 (Kasatreskrim Polres Bandung)
- Tahun 2000 (Kasatresmob Bareskrim).
- Kabag Op Poltabes Batam.
- Kabag Serse Tipiter Polda Jatim.
- Tahun 2004 (Kasubdit Intel Polda Jatim).
- Kapolres Bangkalan Madura Polda Jatim.
- Kapolres Malang, Jawa Timur.
- Wadireskrim Polda Jatim.
- Kasubdit Jatanras Um Interpol Mabes Polri.
- Tahun 2010 (Kasubdit Pam Obvit Baharam Polri).
- Tahun 2011 (Kasubdit Polsus Binmas).
- Tahun 2012 (Dirbinmas Jabar). - Tahun 2013 (Sespati Lemhannas).
Tahun 2015 (Analis Binmas Mabes Polri).

Dan hingga saat Ini Kombes Pol Erwin C Rusmana menduduki jabatan Anjak Baharkam Polri. (Darsuli)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengenal Lebih Dekat Kombes Pol Erwin C Rusmana

Terkini

Iklan