Iklan

Webshare #4 Museum Mandiri, Kepedulian Museum Mandiri Pada Masyarakat Sekitar Kota Tua

09 Oktober 2020, Oktober 09, 2020 WIB Last Updated 2020-11-12T18:46:41Z
Gema Jakarta -

Dalam rangka memperingati perayaan Hari Museum, Museum Mandiri mengadakan kegiatan Sharing secara daring Museum Mandiri atau Webshare Museum Mandiri untuk yang keempat kalinya pada Rabu (07/10/20) yang digelar dekat lorong Kantor Operasional Museum Mandiri.

Webshare #4 kali ini hadir dengan judul "Masyarakat Lokal dan Museum Mandiri", ini sesuai dengan perayaan Hari Museum yang jatuh pada 12 Oktober nanti dengan tema "Museum dan Solidaritas".

Seperti acara sebelumnya yang menampilkan beberapa pembicara, dalam Webshare #4 kali ini pun menampilkan tiga pembicara yang berbagi pengalamannya, pembicara pertama adalah Nuryadi Ketua Karang Taruna Kecamatan Tamansari, pembicara kedua Endang Nurhayati Ketua Umum PPS Cakra Buana sedangkan pembicara ketiga adalah Rangga, Musisi Kota Tua, ketiga pembicara ini dipandu oleh Harun salah satu pegawai dari Museum Mandiri.



Sebelum acara sharing dimulai, Museum Mandiri menampilkan beberapa video diantaranya wawancara dengan para pedagang dan pesepeda ontel yang berada disekitaran museum mandiri, mereka menyuarakan aspirasi dan harapannya terhadap Museum Mandiri yang sudah familiar sebagai tempat mereka bekerja selama bertahun-tahun.

Selain itu pembawa acara juga menampilkan kompilasi foto-foto kegiatan para pembicara webshare yang sudah mereka lakukan selama ini baik di dalam lingkungan Museum Mandiri ataupun ditempat lain.

Ketiga pembicara satu per satu mulai berbagi pengalamannya di organisasi masing-masing, Nuryadi berbagi pengalaman kegiatan Karang Taruna Tamansari yang selama ini selalu aktif melibatkan masyarakat, Pembicara kedua, Rangga, musisi di Kawasan Kota Tua yang juga vokalis dari “Butterfly”,  sempat menciptakan lagu tentang Kota Tua yang alunan nadanya seakan membuat pendengarnya rindu akan kawasan Cagar Budaya tersebut, pembicara terakhir yaitu Endang Nurhayati, membagikan pengalamannya organisasi PPS Cakra Buana yang pernah melangsungkan latihan rutin di lingkungan Museum Mandiri. 

Harapan ketiga pembicara terhadap Museum Mandiri secara garis besar sama, yaitu agar dapat lebih dilibatkan dalam berbagai event museum serta memfasilitasi kegiatan organisasi dan komunitas mereka, misalnya dengan cara memberi fasilitas ruangan komunitas.

Sebelum acara ditutup, diadakan sesi tanya jawab, seputar kegiatan mereka masing masing ditengah pandemi Covid-19, dan beberapa saran seperti yang ditujukan pada salah satu pembicara dalam giat tersebut yaitu Rangga untuk membuat sebuah lagu yang bertemakan Museum Mandiri.
 "Kami siap siap saja, dan hal tersebut sangat mungkin dilakukan jika ada permintaan dari pihak Museum", ungkap Rangga saat menjawab usulan dari peserta.

Acara Webshare #4 ini dihadiri 50 peserta dan ditutup dengan penampilan Rangga yang juga personil band "Butterfly".(Daeng Mansur Amin)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Webshare #4 Museum Mandiri, Kepedulian Museum Mandiri Pada Masyarakat Sekitar Kota Tua

Terkini

Iklan