Iklan

Iklan

Pejuang Islam Nusantara (PIN) DKI Jakarta Peringati Hari Lahir Pancasila

07 Juni 2021, Juni 07, 2021 WIB Last Updated 2021-06-07T01:52:29Z

Gema Jakarta, Semarak peringatan Hari Lahir Pancasila masih terus membahana di berbagai tempat yang di selenggarakan oleh kelompok masyarakat baik komunitas, penggiat maupun organisasi.

Lahirnya Pancasila 1 Juni 1945 tentu momentum bersejarah yang tak boleh di lupakan oleh kita semua sebagai anak bangsa karena hal tersebut bermuara pada berdirinya negara Indonesia sebagai negara yang berdaulat yang di proklamirkan pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno dan Mohammad Hatta selaku presiden dan wakil presiden.

Mengusung tema "Optimalisasi Peran dan Fungsi PIN Dalam Menumbuh Kembangkan Semangat Nasionalisme", Pimpinan Wilayah Pejuang Islam Nusantara (PW PIN) DKI Jakarta selenggarakan KOPDAR (Kopi Darat) yang di isi oleh diskusi internal mengenai nasionalisme.




"Pejuang - pejuang di PIN harus mampu melakukan edukasi serta pemahaman yang benar kepada masyarakat khususnya generasi muda tentang nasionalisme. Gerakan yang di lakukan oleh kelompok - kelompok pengusung ideologi selain pancasila meskipun akhir - akhir ini tidak terlalu nampak terlihat, namun pasti tidak mengendurkan semangat pergerakannya dan ini bisa kita sama - sama buktikan dalam interaksi sosial yang terjadi di sekeliling kita", tegas Saeful Chakim memaparkan.

Ketua PW PIN DKI Jakarta yang juga aktif di PCNU Jakarta Timur ini menambahkan, PIN memang tidak memiliki hubungan kelembagaan dengan NU namun PIN berdiri sejatinya membantu perjuangan NU dari berbagai bidang terutama soal bagaimana memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang Islam Nusantara kepada masyarakat baik secara langsung maupun penyampaian melalui sosial media.

"Dakwah Santun dan Moderat yang menjadi motto perjuangan PIN harus benar - benar di terapkan sehingga dalam menyampaikan konsep tentang Islam Nusantara di terima dengan baik oleh masyarakat. Dan terkait nasionalisme adalah menjadi tugas kita untuk terus menumbuhkan kembangkan semangat nasionalisme dengan berbagai metode, jangan sampai masyarakat dan generasi bangsa ini tidak mencintai bangsanya sendiri karena berbagai alasan dan ini adalah ancaman nyata di negara kita". ungkapnya. 

Hadir dalam acara, Ketua PC PIN Jakarta Timur Muhammad Khadafi, M.Pd, Ketua PC PIN Jakarta Barat Nurudin, S.Ag, Ketua Srikandi PW PIN DKI Jakarta Renata Putri serta pengurus PC PIN Bekasi. Tak ketinggalan anggota PIN Depok dan Tangerang juga hadir meramaikan acara yang di gelar di Rumah Pergerakan Gus Dur (RPG) Jln. Kalibata Timur No.12 Jakarta Selatan pada Minggu 6 Juni 2021.

Ketua PC PIN Jakarta Selatan Dadang yang menjadi tuan rumah dalam sambutannya berharap pergerakan PIN di DKI Jakarta kedepannya semakin meningkat terutama soal rekrutmen anggota karena Jakarta sebagai ibukota negara perlu ada banyak pejuang - pejuang yang berasal dari PIN untuk melakukan dakwah di tengah - tengah masyarakat.

"Karena memang Jakarta butuh banyak pejuang (Da'i) yang gigih untuk terus membumikan Islam Nusantara yang sesungguhnya sejalan dengan ajaran Islam Ahlussunah Waljama'ah An-Nahdliyah dan tentu perlu di lakukan semacam kaderisasi terhadap anggota tersebut sebelumnya". Pungkasnya. (Andre Hans)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pejuang Islam Nusantara (PIN) DKI Jakarta Peringati Hari Lahir Pancasila

Terkini

Iklan