Iklan

KPU Jakarta Barat Gelar Rakor Dengan Parpol Peserta Pemilu Jelang Persiapan Verifikasi Pengurus dan Anggota

11 Desember 2022, Desember 11, 2022 WIB Last Updated 2022-12-11T04:28:20Z



NEWSGEMAJAKARTA.COM, Jakarta  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota adm Jakarta Barat  menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kota adm Jakarta barat di Hotel Grand Cokro Jakarta, Sabtu (10/12/2022) .

Ketua KPU kota adm Jakarta Barat H.Cucum Sumardi  saat membuka pelaksanaan kegiatan menjelaskan, Rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh KPU ini dalam rangka menyampaikan informasi kepada partai politik yang sudah mendaftar agar mempersiapkan segala sesuatunya untuk persiapan pelaksanaan tahapan verifikasi faktual menjelang penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang.


“Untuk Kota adm Jakarta Barat ,saat ini terdapat 18  partai yang sudah lolos  Verifikasi Factual 9 Partai peserta  pemilu  dan 9 Partai yang lolos verifikasi Factual, tapi masih menunggu pengumuman KPU tingkat nasional yang akan di umumkan tanggal 14 Desember 2022," jelasnya.


H.Cucum  menerangkan, pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan dilakukan dengan cara mendatangi tempat tinggal anggota partai politik yang telah ditentukan berdasarkan hasil penghitungan jumlah sampel anggota partai politik. “Hal ini untuk membuktikan kebenaran identitas dan status keanggotaan Partai Politik calon peserta Pemilu,” imbuhnya.



Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko saat menyampaikan sambutanya, saya menyambut baik diselenggarakannya Rakor ini dan mengucapkan selamat datang, kepada para peserta dari Partai Politik, serta partisipasi dan dukungan dari KPU, Jakarta Barat, selaku tuan rumah rakor ini.

Walikota Jakarta Barat Wahyu Yani Purwoko,mengatakan pemilihan umum serentak tahun 2024 , diawali dengan tahapan penting yakni pendaftaran partai politik peserta pemilu, tahapan ini menjadi tahapan yang sangat kritis didalamnya, terdapat beberapa tahapan menentukan yang harus dilewati oleh partai politik, antara lain pertama tahapan pendaftaran, pada tahapan ini mengisahkan beberapa parpol yang gagal daftar karena tidak memenuhi syarat pendaftaran jelasnya.

Kedua tahapan Verifikasi admistrasi dan admistrasi perbaikan pada tahapan ini terdaftar ada 23 partai politik yang mengikuti tahapan verifikasi, admistrasi di Jakarta barat, terdapat 18 partai politik yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti tahapan berikutnya, namun sesuai putusan, Mahkamah Konsitusi no 55 tahun 2020 bahwa partai yang sudah memenuhi perlementary, Treshoid tidak mengikuti tahapan verifikasi Factual, tiap tahapan menyisakan partai politik yang gagal dan tiap partai politik yang gagal selalu menyimpan persoalan hukum ungkapnya.

Ketiga verifikasi tahapan Factual dan factual perbaikan tahapan ini adalah tahapan yang sangat menentukan, apakah partai dapat menjadi peserta pemilu,Tahun 2024, pada tahapan terakhir ini di Jakarta barat dari 9 Partai politik yang mengikuti verifikasi.

Walikota Jakarta barat, selanjutnya mengatakan faktual seluruhnya dinyatakan memenuhi syarat, dengan rincian 6 parpol dinyatakan lolos di tahapan verifikasi Faktual awal, dan 3 partai politik lolos pada verifikasi faktual perbaikan .

Secara keseluruhan di Jakarta barat, dari 23 partai politik yang mengikuti tahapan verifikasi admistrasi dan verifikasi faktual terdapat 18 partai politik yang berhak mengikuti pemilu tahun 2024, jika secara nasional dinyatakan lolos, maka di tunggu penetapan partai politik peserta pemilu serentak tahun2024, pada tanggal 14 Desember 2022.

Acara di hadiri :
Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta .
Sekertaris KPU DKI Jakarta
Kapolres Jakarta barat
Komandan kodim 0503/JB 
Kepala kejaksaan negriJakarta barat
Ketua KPU Jakarta Barat
Badan pengawas pemilu( Bawaslu ) Jakbar 
Kepala suku Badan Kesbangpol Jakarta barat
Kepala suku dinas Dukcapil Jakbar
Kepala suku dinas Sosial Jakarta barat
Serta para ketua partai politik tingkat kota Jakarta barat 

Editor : Humas Kesbangpol Jakbar
( Lth ).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Jakarta Barat Gelar Rakor Dengan Parpol Peserta Pemilu Jelang Persiapan Verifikasi Pengurus dan Anggota

Terkini

Iklan