Iklan

Generasi Tangguh, Kodim 0505/Jakarta Timur Gelar Latihan Rutin Saka Wira Pramuka

08 Januari 2023, Januari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-01-08T03:11:58Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur — Dalam upaya membina dan membentuk generasi muda berkarakter, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria, Pembina Saka Wira Kartika Pramuka rutin mengadakan  kegiatan Latihan Krida Saka Wira Kartika di Minggu pertama diawal Tahun, bertempat di lapangan Apel Makodim, Sabtu ( 07/01/2023).

Pembinaan generasi muda oleh Kodim 0505/JT dalam wadah Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodam Jaya/Jayakarta diperuntukkan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara sejak dini dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda.

Pembinaan pelatihan Saka Wira Kartika ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi yang diwadahi ke dalam kelima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Krida Mountaineering, Krida Pioneering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan bencana.

Serma Doni Natalia bersama Kopda Defri sebagai pembina pada pelatihan kali ini, kepada (25) dua puluh lima orang Saka Wira Pramuka dibantu oleh (6) enam orang pembina diantara nya Kak Zaki, Ka Eko, Ka Agus, Ka Budi,Ka Rudi, Ka Lina dan Ka Yuli, dengan pemberian materi PBB (latihan baris-berbaris), Kompas, Cordinat peta dan pembuatan tenda perorangan. Pengisi materi yang diajarkan setiap kali pertemuan berbeda beda, Dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan anggota Pramuka Saka wira Kartika berlatih, baik teori maupun praktek lapangan secara bertahap berjenjang dan berlanjut.

Lanjut Doni menjelaskan tentang pengertian Kompas sebagai alat penunjuk  arah mata angin sangat penting untuk para Pramuka dalam hal Membantu kelancaran dan keselamatan dalam pengembaraan karena para  Pramuka akan dapat mengikuti jalan yang tertera dalam peta dan cordinat lokasi yang ditentukan sehingga tidak tersesat dijalan.

Menentukan arah datangnya sinar matahari untuk menentukan arah mendirikan tenda dan arah lokasi kegiatan di pagi atau sore hari.
Membantu dalam pembuatan dan pembacaan peta pita dan atau peta perjalanan
Membaca peta medan atau peta topografi.

Oleh sebab kegunaannya yang sangat beragam tersebut maka para Pramuka seyogyanya memiliki kemampuan untuk menggunakan dan membaca kompas secara benar dan tepat. Disamping itu kegiatan membaca kompas merupakan kegiatan melatih ketelitian, kerjasama dan pengenalan medan/lokasi di alam bebas.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan Saka Wira Pramuka, Kodim 0505/JT yang dibentuk bertujuan agar para anggota Saka Wira Kartika Pramuka yang telah mengikuti kegiatan pelatihan rutin Saka Wira, diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan, khususnya pengenalan matra darat serta keterampilan lain, sehingga generasi muda memiliki bekal kesadaran bela negara dalam rangka menciptakan generasi yang tangguh dimasa yang akan datang, tandasnya.

Sumber: Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Generasi Tangguh, Kodim 0505/Jakarta Timur Gelar Latihan Rutin Saka Wira Pramuka

Terkini

Iklan