Iklan

Harlah Pancasila 1 Juni, Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

03 Juni 2023, Juni 03, 2023 WIB Last Updated 2023-06-03T06:46:28Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur, Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa, Allah Subhanahu Wata'ala, Kodim 0505/JT Menggelar Upacara Hari lahir Pancasila, bertindak sebagai Irup Pasiren Mayor Inf Ahmad Yuono, Komandan upacara Kapten Inf Hadi Sasmungi dan Paup Peltu Zainudin, Kamis (01/06/23).

Pada kesempatan upacara hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023, Mayor Inf Ahmad Yuono dalam pengarahannya membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M, sbb : Peringatan hari lahir Pancasila pada hari ini dalam keadaan sehat wal'afiat.

Para patriot NKRI sekalian yang kita banggakan, Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung didalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para founding faethers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebagai Prajurit TNI, kita harus menyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas Nasional Bhineka Tunggal Ika.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap bangsa Indonesia yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global" Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat Gotong Royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong royong bersatu padu.

Saat ini banyak sekali upaya sistematis dan terus menerus yang dilaksanakan oleh para oknum untuk menggerus nilai-nilai Pancasila.

Fenomena intoleransi dan Popurisasi di tengah masyarakat terus mengemuka. Selain itu perbedaan suku, agama, ras dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini Panglima TNI mengajak para prajurit TNI sekalian dimanapun bertugas dan berada untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.

Berikut penekanan yang harus dipedomani dan dilaksanakan:

1. TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh Sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih saat ini tahapan Pemilihan umum serentak telah di mulai, untuk itu saya perintahkan seluruh Prajurit TNI untuk tetap menjaga netralitas TNI.

2. Jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata dilapangan . Tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat.

3. Jaga terus sinergitas TNI-POLRI, kementrian, serta lembaga lainnya. Sadari bahwa kita saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan bergotong royong dalam upaya memajukan bangsa.

Demikian amanat Panglima TNI dibacakan pada hari lahir Pancasila, semoga kita semua senantiasa mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Tuhan yang maha kuasa, Allah Subhanahu Wata'ala, agar kita di berikan kekuatan dalam meneruskan langkah serta pengabdian kita kepada Bangsa dan Negara Indonesia yang kita Cintai bersama.

Sumber: Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Harlah Pancasila 1 Juni, Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

Terkini

Iklan