Iklan

Dandim Bersama Kapolres Jakarta Timur Pimpin Giat Mediasi Damai Warga Cipinang Besar Utara

16 Agustus 2023, Agustus 16, 2023 WIB Last Updated 2023-08-16T03:37:05Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta timur — Bertempat Aula Lt.3 Kantor Kelurahan Cipinang Besar Utara Kecamatan Jatinegara, Dandim 0505/JT bersama Kapolres Metro Jakarta timur pimpin kegiatan mediasi antara warga RW.01,02,03,04 dan RW 06, Selasa (15/08/23).

Mediasi Damai yang dipimpin Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol. Leonardus Simarmata, SIK,SH,MH,M.Han bersama Dandim 0505/JT Letkol Arm Suyikno, S.Sos,M.Si, di Aula kantor Kelurahan Cipinang Besar Utara di hadiri Plh Kapolsek Jatinegara AKBP Bintang,SH, Danramil 01/Jatinegara Mayor Arh M.Sianturi, Wakil Camat Jatinegara, Dan Unit Inteldim, Lurah Cipinang Besar Utara, Para Ketua RW, LMK dan FKDM Cipinang Besar Utara.

Penyampaian Dandim 0505/JT, keributan yang terjadi di wilayah Cipinang Besar Utara ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan kebawah adalah Danramil 01/Jatinegara beserta Anggota Babinsanya, 
Kapolres turut hadir dalam kegiatan mediasi karena ini wilayah hukum Polres Metro Jakarta timur untuk menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kami, Dandim bersama Kapolres turun langsung untuk mencari kronologis sebenarnya biar ada titik terang tentang permasalahan tersebut.

Terjadinya tawuran dilingkungan warga masyarakat penyebabnya adalah:
1. Internal dari keluarga, bagaimana cara memberikan pendidikan.
2. External dari lingkungan bagaimana lingkungan disekitar kita, bahkan faktor HP bisa menjadi penyebab yang mampu mengumpulkan rekannya untuk berbuat keributan.

Harapan Dandim, dalam mediasi damai ini kita bisa memecahkan masalah dengan damai tanpa ada masalah, kami Kodim 0505/Jakarta timur mendukung penuh Polres Metro Jakarta timur untuk menindaklanjuti proses damai guna menciptakan Kamtibmas aman.

Sambutan Kapolres Metro Jakarta timur, Kali yang kedua saya hadir di kantor lurah Cipinang besar Utara ini dan saya tidak berharap akan terjadi kembali dan saya tidak mau terjadi Kembali di gang Mayong dan Asrama Palad cukup ini saja. Kejadian semalam saya hadir dan melihat bekas sisa tawuran tersebut dan ini menjadi tanggung jawab kita semua bersama Kodim 0505/JT, Polres Jakarta timur dan Masyarakat.

Masalah sebenarnya tidak ada tetapi ya ini namanya kejadian sehingga perlu kita melakukan proses dan pelakunya pun perlu kami proses dan kami tahan dan tidak ada tangguhan, saya mohon maaf tidak ada koordinasi.

Kita sama-sama jaga sesuai komitmen dan saya akan hadir di TPU ini benar saya lakukan demi menjaga kedamaian namun bila ada yang kita proses ya mohon maaf akan saya teruskan.

Sekarang ini ada obat keras yang bisa di konsumsi oleh para anak-anak remaja yang intinya saya sudah koment tetap saya proses dan kita sebagai orang tua mari kita cek anak-anak kita bila sudah pukul 21.00 wib agar bisa kita pantau kegiatannya.

Penyampaian Ketua RW. 02 menanggapi apa yang disampaikan oleh pak lurah tentang bila semua pintu di TPU yang ditutup agar di setiap pintu ada yang memegang kunci agar bisa terkendali.

Penyampaian Ketua LMK Cipinang Besar Utara, Pak LMK RW . 04 menanggapi tentang kejadian yang ada di TPU bila ditutup permanen malah bisa membuat masalah baru akan tetapi mari kita sama-sama mencari solusi yang terbaik agar terwujud keamanan dan kedamaiannya.

Tanggapan Lurah Cipinang Besar Utara, TPU ini banyak pintu bahkan ada akses buat masuk kerumah pribadi oleh karena itu kita akan mencari solusinya sebelum kita menutup pintu pintu yang ada agar tidak terjadi tawuran lagi.
Kita berharap semua warga mendukung.

Penyampaian Ketua RW.03, kejadian akhir ini kita sangat prihatin yang puncaknya kemarin dan pelaku ini kebanyakan dari luar wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara, kami berharap pihak keamanan bisa menemukan aktor intelektualnya, kami perangkat RT/RW Cipinang Besar Utara mohon Kapolres Metro Jakarta timur agar dapat menjaga wilayah ini karena sebentar lagi akan ada pesta Demokrasi.

Apresiasi kami perangkat RT/RW kepada Dandim 0505/JT, dan Kapolres Metro Jakarta timur yang telah peduli untuk melakukan mediasi damai, sehingga kedepannya diharapkan terciptanya wilayah yang aman kondusif.

Penyampaian dari Wakil Camat jatinegara, Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolres Metro Jakarta timur dan Dandim 0505/JT ke wilayah kami, ini merupakan penghargaan buat kami.

Saya berharap jangan sampai kampung kita di cap sebagai kampung tawuran, tidak enak dan tidak bagus.

Mari kita bersama-sama menjaga keamanan kampung kita ini, saya mendukung apa yang disampaikan Lurah tentang program penutupan akses jalan tikus menuju TPU Prumpung, kita jaga keamanan kampung kita ini bersama Tiga pilar Kelurahan dan Kecamatan.

Bersalam-salaman dan foto bersama menandakan Giat mediasi dan konsolidasi selesai, selama pelaksanaan kegiatan mediasi berjalan aman kondusif.

Sumber: Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dandim Bersama Kapolres Jakarta Timur Pimpin Giat Mediasi Damai Warga Cipinang Besar Utara

Terkini

Iklan