Iklan

Batu Akik di Pasar Devris Bogor Ramai Dikunjungi

25 Mei 2015, Mei 25, 2015 WIB Last Updated 2015-07-22T07:52:58Z

Jakarta (GJ) - Saat ini, fenomena batu akik sedang menjadi tren di mana-mana. Tak terkecuali di Kota Bogor, Jawa Barat. Di kota hujan ini, Anda bisa menemukan pusat pembuatan dan penjualan batu akik, puluhan pedagang menjajakan beragam jenis batu alam bernilai tinggi. Tepatnya di Jalan Veteran, Bogor. Jaraknya tak sampai satu kilometer dari stasiun Bogor.

Sebelumnya, Pasar Devris merupakan pusat kuliner dan tongkrongan anak muda di Bogor. Pasar ini sudah ada sejak tahun 70-an. Setiap hari pusat kuliner ini diramaikan pedagang makanan.

Namun, pada 2013, para pedagang makanan itu digusur lalu dibangun Pasar Devris dengan kondisi bangunan yang lebih modern. Namun, sejak Pasar Devris direnovasi, kondisinya justru sepi pengunjung. Untuk menarik minat pengunjung, akhirnya Pemerintah Kota Bogor menjadikan pasar tersebut sebagai sentra penjualan batu akik.

Peresmiannyapun dilakukan langsung oleh Walikota Bogor Bima Arya, dengan didampingi Ketua DPRD Kota Bogor Untung W Maryono, Sekda Ade Syarif Hidayat, Dirut PD Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Aly Yusuf beserta jajaran direksi, serta Wakil Ketua DPRD Heri Cahyono dan Sopian.

Langkah Pemerintah Kota Bogor ini mendapat sambutan positif dari para pedagang batu akik. Sayangnya, Pemerintah Kota Bogor hanya menyediakan 40 kios buat pedagang batu akik.
berbagai macam batu akik diperdagangkan di Pasar Devris, diantaranya adalah batu akik bacan, blue sapphire, blue oval, bacan palamea, hingga batu motif.

Saat kami berkunjung, ada sekitar 12 pedagang batu akik yang berjualan di Pasar Devris, tampilan kios mereka berbeda beda, ada yang hanya menjual batu-batuan saja yang sudah dibentuk, ada juga yang menjual masih dalam bentuk bongkahan, bahkan disana masih ada beberapa kios yang masih menjajakan makanan kuliner khas bogor. 

Tidak hanya menjual cincin batu, disana juga menyediakan perawatan cincin batu serta alatnya. Perawatan meliputi kulit gosok biar batu tidak kusam, serbuk intan serta kain poles. Alat perawatan dijual terpisah dengan harga mulai Rp 35.000 untuk kulit gosok, dan Rp 100.000 untuk serbuk intan. 

Menurut pedagang disana, kehadiran Pasar Devris sebagai pusat penjualan batu akik sangat membantu pedagang untuk memulai usahanya. Karena aksesnya dekat dengan masyarakat sehingga mudah dijangkau.
Jika anda pencinta batu akik bahkan berminat untuk membeli batu akik sempatkanlah berkunjung ke Pasar Devris Bogor, banyak ragam batu akik yang ditawarkan disana, tentunya dengan harga murah kualitasnya pun tentu dapat anda rasakan. (Heri Haerudin)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Batu Akik di Pasar Devris Bogor Ramai Dikunjungi

Terkini

Iklan