Iklan

Sertijab Komandan Grup 3 Kopassus

16 Mei 2015, Mei 16, 2015 WIB Last Updated 2015-07-08T06:18:30Z


Jakarta (GJ) - Grup 3/Sandhi Yudha adalah satuan Kopassus yang memiliki spesifikasi tugas perang rahasia ''clandestine operation'', termasuk kemampuan dalam intelijen tempur atau combat intell,dan counter insurgency (kontra pemberontakan).

Grup 3 dibentuk pada tanggal 24 Juli 1967, bermarkas di Markas Komando Cijantung, Jakarta Timur. Calon Personil di Grup ini diseleksi sangat ketat di internal mulai dari calon prajurit yang masih pendidikan hingga personel yang sudah bertugas aktif di kesatuan tetapi punya bakat intelijen yang kemudian akan dilatih lagi.

Kini Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus memiliki komandan baru. Dari yang sebelumnya dipimpin oleh Letnan Kolonel Inf J.O Sembiring S.H,S.E. diserah terimakan kepada  Kolonel Inf Richard TH Tampubolon, SH.MM.yang digelar di Hall Lapangan Tembak Ksatria, Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta timur, Sabtu (16/5/2015) .

"Saya berterimakasih atas semua dedikasi pendidikan, latihan, tugas operasi kepada seluruh prajurit grup 3. Prestasi harus semakin meningkat apalagi saya tahu kemampuan Kolonel Richard. Kehadiran beliau di grup 3 sudah tidak perlu diragukan lagi," ungkap Letkol  J.O Sembiring dalam sambutannya.

Kini Letkol J.O Sembiring bertugas di luar keluarga besar Kopassus. Mantan Kapen Kopassus tersebut saat ini dipercaya menjadi pengajar di Sekolah Komando TNI AD (Seskoad) Bandung, Jawa Barat.

"Saya sekarang jadi Dosen madya di Seskoad, jadi pahlawan tanpa tanda jasa. Sama seperti Sandi Yudha motonya. Kita tidak perlu penghargaan, apa yang saya dapat dengan parajurit di sini saya akan mempertanggung jawabkannya untuk bisa lebih baik lagi," tutur Letkol J.O.Sembiring.


Oleh : Nurhalim
Editor : Heri Haerudin 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sertijab Komandan Grup 3 Kopassus

Terkini

Iklan