Iklan

Ketua KPUD Jakarta Barat, Mengapresiasi Giat Raker Forum RT-RW Kecamatan Tambora Jelang Pemilu 2024

01 Maret 2022, Maret 01, 2022 WIB Last Updated 2022-02-28T22:24:31Z

NEWS GEMA JAKARTA.COM JAKARTA BARAT — Peran serta RT/RW dalam setiap Pemilu sangat penting. untuk itu, menjelang Pemilu 2024 Forum Rt/Rw Kec Tambora mengadakan "Rapat kerja ke-I Forum RT/RW Kec Tambora dengan Tema "Eksistensi Peran Forum RT/RW Kec Tambora Pasca Perpindahan Ibukota dan Jelang Pemilu Serentak Tahun 2024" yang diselenggarakan di Hotel Nite'n Day, jln Bandengan Selatan, Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Senen, (28/2/2022).



Dodi Supandi. SH, Ketua Panitia Forum mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program forum RT/RW se- Kec. Tambora dalam meningkatkan kualitas dan persiapan guna menyongsong pemilu 2022.


"Kegiatan ini merupakan langkah awal peran Rt/Rw kedepan dalam untuk mempersiapkan diri jelang pemilu 2024," ucap Dodi yang juga mantan Dewan Kelurahan.


Dodi juga menuturkan, RT-RW selain tugas sosial kemasyarakatan biasanya dilibatkan langsung oleh KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Jakarta.

"Nantinya Rt/Rw dilibatkan dalam pembentukan KPPS ditingkat TPS. Makanya kata dia Rt/Rw harus proaktif dan tanggap," ungkapnya.


Sementara itu, H. Cucun Sumardi, Ketua KPUD Kota Jakarta Barat yang hadir sebagai narasumber mengatakan apresiasinya pada forum Rt/Rw kec Tambora sebagai pencerahan bagi masyarakat melalui Rt/Rw.

"Kami (KPUD Jakarta Barat) mengepresiasi kegitan ini, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dijelang Pemilu 2024," katanya.


Pencerahan persiapan Rt/Rw jelang pemilu memang harus dilakukan secara dini, jadi Rt/Rw harus mempunyai kapabilitas bila dipinta tugasnya oleh pemerintah terkait sukses dan suksesi kedepan.

Disinggung adanya Rt/Rw ikut terlibat politik praktis pada setiap pemilu, Cucum menjelaskan, tidak ada kepentingan kepentingan politik bagi peran serta Rt/Rw sbagai kelembagaan, tapi kita juga tidak menampik Rt/Rw sebagai orang/person. Dimana setiap orang mempunyai hak dan kewajiban polutiknya.

"Jadi Rt/Rw kita pandang sebagai kelembagaannya bukan orang/personnya," tegasnya.


Lebih jauh lagi Cucum juga mengambarkan tidak ada kepentingan lain bagi Rt/Rw secara praktis ikut serta dalam kepentingan politik. Ini cuma hanya menjalankan tupoksi Rt/Rw terhadap tupoksi kedepan menghadapi pemilu 2024.


Dalam kesempatan itu pula Cucum berjanji akan membawa usulan para peserta dalam Raker ini ke tingkat Provinsi.

"Sebetulnya kita berterima kasih kegiatan semacam ini, sehingga Rt/Rw sudah mendapatkan penyegaran di awal. Kalau kita (KPUD) belum ada kegiatan seperti ini," tukasnya.


AN/Rbt,Indah/yus
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua KPUD Jakarta Barat, Mengapresiasi Giat Raker Forum RT-RW Kecamatan Tambora Jelang Pemilu 2024

Terkini

Iklan