Iklan

Selama Libur Lebaran, REKAN : Kadis Kesehatan DKI harus Bisa Beri Kepastian Terhadap Pasien

25 April 2022, April 25, 2022 WIB Last Updated 2022-04-25T03:16:05Z
Relawan Kesehatan (REKAN) 

NEWSGEMAJAKARTA.COM, JAKARTA - Setiap masuk libur panjang Idul Fitri, Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia selalu melakukan patroli terhadap RS. Patroli ini untuk memastikan bahwa pasien yang masih dalam rawat inap tidak dipulangkan paksa oleh RS ketika masuk libur Lebaran. 

"Pengalaman yang sudah-sudah setiap libur lebaran banyak keluhan warga terkait dipulangpaksanya keluarga mereka yang masih rawat inap" ujar Martha Tiana Hermawan, Ketua Rekan Indonesia Kolektif Pimpinan Wilayah (KPW) Provinsi DKI, pagi ini kepada media. 

Tian, panggilan akrabnya, menambahkan. Hampir setiap tahun ketika masuk libur lebaran selalu ada saja kasus warga yang di rawat inap dipulangpaksa oleh RS. 

"Alasannya beragam, mulai dari suster dan dokter juga ingin lebaran dengan keluarga. Sampai dibilang jika pasien sudah boleh pulang karena kondisi sudah pulih" papar Tian. 

Padahal, kondisi warga yang dipulangpaksa oleh RS belum pulih. Bahkan ada warga yang begitu sampai rumah lalu drop kondisi tubuhnya dan sampai muntah darah.

Tian berharap, kepala dinas kesehatan (kadiskes) DKI bisa memberi kepastian selama libur lebaran kepada warganya agar tidak dipulangpaksa oleh RS sebelum benar-benar sembuh . 

"Kepastian ini penting, agar RS tidak memulangpaksakan warga yang masih di rawat inap dan belum sembuh. Apalagi, kita tahu bahwa Dineks DKI dalam fungsi pengawasan dan pembinaan terhadap RS di DKI sangat lemah" tegas Tian. (ril/rohena)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Selama Libur Lebaran, REKAN : Kadis Kesehatan DKI harus Bisa Beri Kepastian Terhadap Pasien

Terkini

Iklan