Iklan

Museum Kebaharian Jakarta Apresiasi Untuk Sunda Kelapa Haritage Dalam Peresmian Ruang Pamer Garis Nol Meridian Batavia

13 Juli 2022, Juli 13, 2022 WIB Last Updated 2022-07-13T06:40:14Z

NEWS GEMA JAKARTA.COM, JAKARTA UTARA — Dalam rangka perayaan ulang tahun Museum Kebaharian Jakarta yang ke 45 sekaligus peresmian ruang pamer Garis Nol Meridian Batavia, pada tanggal 7 Juli 2022 berlokasi di Menara Syahbandar, pihak Museum Kebaharian Jakarta memberikan apresiasi dalam bentuk piagam kepada 4 mitra yang mendukung terlaksananya pameran Garis Nol Meridian Batavia yaitu Sunda Kelapa Heritage (SKH), Indonesia Heritage Society, Indonesia Hidden Heritage dan PT Propan Indonesia. Dalam pameran tersebut Sunda Kelapa Heritage (SKH) terlibat aktif dalam mempersiapkan disain seluruh materi pameran hingga siap produksi serta publikasi ruang pamer baru tersebut. Mis’ari, Kepala UPT Museum Kebaharian Jakarta, menyampaikan harapannya agar kolaborasi dengan SKH bisa terus berlanjut dan ditingkatkan.



Pada tahun 1860an dimulai pemetaan Jawa yang akurat dimana Meridian yang melewati sinyal waktu dipilih sebagai meridian utama (garis nol) Batavia. Sinyal waktu ini ditempatkan di Menara Syahbandar Pelabuhan Sunda Kelapa yang menunjukkanpukul 13:07:28 di Batavia dan pukul 06.00 waktu Greenwich, Inggris. Di tahun 1924 dilakukan pengukuran lebih rinci lagi terkait Meridian Utama Batavia yaitu 106°48'27.790" sebelah timur Meridian Utama Greenwich. Pameran ini bisa dinikmati masyarakat umum setiap hari selasa – minggu kecuali hari libur nasional pada pukul 09.00 - 15.00 WIB dengan memperhatikan protokol kesehatan. 





Sunda Kelapa Heritage merupakan gerakan pendidikan dan kebudayaan yang berkelanjutan dan berfokus untuk membangkitkan, menjaga, dan memperkaya sejarah dan budaya masyarakat pesisir serta mendorong partisipasi aktif masyarakat di bidang sosial, budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan moto Merajut Budaya Dengan Benang Budaya, Sunda Kelapa Heritage yang memasuki satu dasawarsa telah menyelenggarakan berbagai kegiatan baik secara daring maupun luring. Salah satu event daring rutin setiap jum'at malam adalah obrolan santai Ngopi Malam SKH yang telah berlangsung sebanyak 34 kali serta mengorganisir berbagai event literasi dan kebudayaan secara luring baik di kawasan Sunda Kelapa maupun berbagai wilayah di DKI Jakarta dan provinsi lain di Indonesia. 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Sekar Chamdi - Koordinator Program SKH
08568056192. (Tim SKH)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Museum Kebaharian Jakarta Apresiasi Untuk Sunda Kelapa Haritage Dalam Peresmian Ruang Pamer Garis Nol Meridian Batavia

Terkini

Iklan