Iklan

Pastikan Warga Jakarta Dapatkan Akses Air Bersih, Gubernur Jakarta Hadiri Hajatan 100 Hari Mengalir Di Kamal Muara

01 Juli 2022, Juli 01, 2022 WIB Last Updated 2022-07-01T06:09:36Z
Pastikan Warga Jakarta Dapatkan Akses Air Bersih, Gubernur Jakarta Hadiri Hajatan 100 Hari Mengalir Di Kamal Muara, Kamis (30/6/2022)

Newsgemajakarta.com Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menghadiri acara Hajatan 100 Hari Mengalir dan peletakan pipa pertama di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Kamis (30/6). Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan akses air bersih untuk masyarakat Kamal Muara terus berlanjut.

"Alhamdulillah pagi hari ini di RW 01 Kelurahan Kamal Muara kita mensyukuri 100 hari pengaliran air minum di kawasan ini jadi kita ingin agar warga di Jakarta makin banyak yang bisa mendapatkan air dari pipa, dengan cara seperti itu mereka tidak harus satu mengambil air dari dalam tanah dan yang kedua tidak harus membeli air dari distributor yang harganya mahal," kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.

Anies menambahkan dari hitungan yang dilakukan oleh PAM Jaya masyarakat dapat melakukan penghematan cukup signifikan.
"Jika sebelumnya dalam satu bulan harus belanja air mingguan atau harian yang total per bulan pengeluarannya bisa sampai Rp800 ribu bahkan sampai dengan satu juta rupiah, dengan air pipa ini Insya Allah mereka nanti bisa membayar hanya sekitar Rp50 ribu sampai Rp70 ribu atau setinggi-tingginya Rp80 ribu tergantung konsumsinya. Ini adalah penghematan yang luar biasa, kalau tadi hitungan bisa menghemat 95 persen, artinya pendapatan masyarakat bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain, bisa untuk pendidikan anak, bisa untuk perbaikan rumah, bisa untuk kegiatan lain," ungkapnya.

Anies mengatakan kebutuhan air masyarakat disiapkan oleh negara, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PAM Jaya.
"Insya Allah ini menjadi sebuah keberkahan bagi masyarakat disini. Terima kasih kepada seluruh jajaran PAM Jaya dan para petugas yang bekerja luar biasa untuk memastikan pipa-pipa sampai di kampung-kampung di ujung Jakarta. Pesan saya gunakan untuk kebutuhan hidup dan kegiatan usaha. Dua ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, Insya Allah ini menjadi keberkahan bagi masyarakat di sini," tuturnya.

Untuk diketahui, saat ini tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12. Dan 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang juga sudah disambung akses air perpipaan oleh PAM JAYA yakni RT 01 – 08. Saat ini juga terdapat sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM JAYA melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara dan jumlah ini akan terus bertambah. Ini merupakan salah satu bukti kesiapan PAM JAYA menuju 100 tahun pada 23 Desember 2022 serta menuju 100 persen cakupan layanan pada 2030.

Ikut hadir bersama Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam acara Hajatan 100 Hari Mengalir di RW 01 Kelurahan Kamal Muara adalah Anggota Komisi C DPRD Provinsi DKI Jakarta, Gani Suwondo dan Hasan Basri Umar, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Camat Penjaringan, Depika Romadi, dan Direktur Utama PAM JAYA, Syamsul Bachri Yusuf. (Rohena)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pastikan Warga Jakarta Dapatkan Akses Air Bersih, Gubernur Jakarta Hadiri Hajatan 100 Hari Mengalir Di Kamal Muara

Terkini

Iklan

Close x