Iklan

Kodim 0505/JT Peringati Nuzulul Qur'an Untuk Mencinta Alqur'an

11 April 2023, April 11, 2023 WIB Last Updated 2023-04-11T07:39:22Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta timur - Bertempat di Masjid PALAPA Jln. Dr. Sumarno Pulogebang, Kecamatan Cakung, Kasdim 0505/JT Letkol Inf Ali Cahyono, S,Kom,M.Tr (Han) bersama seluruh prajurit dan PNS memperingati Nuzulul Qur'an Ramadhan 1444 H / 2023 M, Selasa (11/04/2023).

Kasdim Letkol Inf Ali Cahyono menyampaikan, dengan mengusung tema" Memaknai Ibadah Puasa Ramadhan untuk Meningkatkan Disiplin Diri dan Kerja Prajurit TNI AD" memperingati Nuzulul Qur'an adalah merupakan peristiwa dimana kitab suci umat Muslim, Al-Quran, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril di Gua Hira. Menurut Al-Quran, peristiwa ini terjadi pada 17 Ramadhan 610 M. Pada Ramadhan 2023, malam Nuzulul Qur'an jatuh pada Sabtu, (8 April 2023).




Peristiwa Nuzulul Quran merupakan peristiwa dimana kitab suci Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wahyu pertama dan tanda dimulainya kenabian Rasulullah SAW. Menurut bahasa, Nuzulul Quran terdiri atas dua kata, yaitu 'Nuzulul' dan 'Quran'. Nuzulul berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah dan Quran berasal dari kata Al-Quran, yaitu kitab suci umat Muslim.

Penceramah Ustad Rahmat Hidayat,S.P,d,i, mengatakan dengan memperingati Nuzulul Qur'an diharapkan Prajurit dan PNS Kodim 0505/JT dapat mengimplementasikan ajaran yang terkandung di dalam Al Quran untuk kehidupan sehari-hari agar bisa bekerja secara profesional dan mempunyai disiplin yang tinggi.

Melaksanakan ibadah sholat lima waktu setiap hari, umat Islam diwajibkan untuk tepat waktu dalam melaksanakannya, sehingga ini merupakan wujud dari penerapan disiplin dalam beribadah.

Menurutnya, disiplin tidak hanya diterapkan dalam ibadah saja tetapi dalam kegiatan dan kehidupan sehari-hari. Terutama bagi prajurit TNI dan PNS agar selalu disiplin dalam bekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam meningkatkan kinerja, tandasnya.

Sumber: Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kodim 0505/JT Peringati Nuzulul Qur'an Untuk Mencinta Alqur'an

Terkini

Iklan