Iklan

Babinsa Koramil Kramatjati Berikan Edukasi Eco Enzyme ke SMA 44 Jakarta

06 Mei 2023, Mei 06, 2023 WIB Last Updated 2023-05-06T04:28:37Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodam Jaya - Kodim 0505/Jakarta Timur | Dalam rangka sosialisasi mengenalkan kepada para Siswa-siswi SMA 44 jln. Delima IV RT.13/05 Malaka Sari, Babinsa Peltu Ketut Budiarto melaksanakan Edukasi cara pembuatan dan khasiat Eco Enzyme.

Pada Program kegiatan "Army Go To School" kali ini, Babinsa Koramil Kramatjati menjelaskan bahwa Eco Enzyme adalah cairan alam serbaguna yang merupakan hasil fermentasi dari gula, sisa buah/sayur-sayuran dan air, dengan perbandingan 1 : 3 : 10, cara pembuatannya.

Pembuatan Eco Enzyme berlatar belakang, pertama 70% sampah yang dibuang ke tempat  Sampah adalah sampah organik. Dimana sampah organik tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap, mengurangi tingkat daur ulang plastik, serta memberi resiko terjadinya ledakan akibat gas metana yang ditimbun terlalu lama.

Pada dasarnya Edukasi cara pembuatan Eco Enzyme kepada para siswa SMA 44 Duren Sawit Jakarta ini, diharapkan para Siswa dimasa yang akan datang bisa kreatif membudidayakan sampah organik yang diolah sesuai aturan ini bisa bermanfaat menjadi obat.

Lanjut Ketut kepada para siswa SMA 44 Duren Sawit Jakarta, dengan membuat Eco Enzyme, kita telah mengolah sebagian besar sampah kita dan dapat mengurangi beban tempat pembuangan sampah akhir.

Produk Eco Enzyme biasa digunakan sebagai desinfektan yang mampu membunuh bakteri dan jamur sehingga dapat digunakan sebagai pestisida. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pembersih rumah tangga karena produk Eco Enzyme yang dihasilkan mamberikan aroma asam yang segar.

Ditambahkan Ketut kepada para Siswa dan Guru pendamping SMA 44 Duren Sawit Jakarta, untuk pembuatan Eco Enzyme, dibutuhkan waktu selama 3 (tiga) bulan di wilayah tropis dan 6 (enam) bulan di sub-tropis dengan hasil akhir berupa cairan berwarna kecoklatan dengan aroma asam segar. 

Eco Enzyme yang baik memiliki tingkat keasaman ( pH) di bawah 4,0 dan beraroma asam segar khas fermentasi.

Eco Enzyme banyak sekali manfaatnya. Kita bisa menggunakan sebagai karbol dan pembersih alami, sabun cair alami, penjernih udara alami, pembersih rumah tangga alami, manfaat medis, Eco Enzyme mampu melawan parasit dan kuman yang menyebabkan infeksi dalam jantung, keputihan, radang otak, radang paru-paru, peradangan sendi, Infeksi kulit dan lain lain.

Ucapan Terimakasih oleh Widyandari Eka Dhemajanti, M.Pd Kepala Sekolah SMA 44 Duren Sawit Jakarta kepada Babinsa Koramil 05/Kramatjati, Makassar yang telah memberikan Edukasi cara pembuatan Eco Enzyme serta manfaatnya untuk  kelestarian Bumi bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang, tandasnya.

Sumber: Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Babinsa Koramil Kramatjati Berikan Edukasi Eco Enzyme ke SMA 44 Jakarta

Terkini

Iklan