Iklan

Latgab Bulanan PPSI Jakarta di Kotatua Jelang FORNAS VII di Jawa Barat

23 Mei 2023, Mei 23, 2023 WIB Last Updated 2023-05-23T15:27:18Z



NEWSGEMAJAKARTA.COM, Jakarta — Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPW PPSI) DKI Jakarta pada hari Ahad yang lalu (21/5/2023), menyelenggarakan Silaturahmi dan Latihan Gabungan (Latgab) pencak silat di destinasi wisata sejarah Taman Fatahillah, Kotatua Jakarta, sejak pagi hingga sore hari.



Latgab bulanan kali ini diikuti 180 peserta dari 14 perguruan pencak silat berbagai aliran dan sanggar di Jakarta dan wilayah sekitarnya. Antara lain Cakra Buana Pusat, Cabang Bungur dan Tanjung Priok, Kampung Silat Beksi Petukangan, Gadjah Putih Matraman, Cingkrik Baba Aman, Lampah Gulung, Satya Bhinneka Indonesia, Mustika Kwitang, Mustika Putih Bogor, Silat Debus Pasundan Minahasa Singa Rantai, Padepokan Pencak Silat Daya Sunda Bandung, dan Sanggar Tari Betawi binaan Suku Dinas Kebudayaan (Sudinbud) Jakarta Barat.


Hadir dalam silaturahmi dan latgab PPSI, Kepala Sudinbud Jakarta Barat, Drs. H. Ahmad Syaropi, M.Si - akrab disapa Bang Yopi. Kehadiran Bang Yopi di Taman Fatahillah disambut atraksi Palang Pintu Kampung Silat Beksi Petukangan dan seni tari Betawi. “Pergi ke Padang membeli tomat, tomat dimasak pakai kayu jati, saya datang dengan segala hormat, mohon diterima dengan senang hati’ demikian pantun pembuka sambutan Bang Yopi. Bang Yopi memberi motivasi kepada peserta latgab PPSI yang didominasi kalangan anak dan remaja. Silat bagian dari budaya kite, kita wajib melestarikan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Firman Haris, Ketua DPW PPSI Jakarta mengatakan, latgab bulanan ini menjadi tahapan seleksi peserta yang akan mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VII tanggal 2 – 9 Juli 2023 di Jawa Barat.

" Insya Allah DPW PPSI Jakarta akan mengikuti 16 klasemen (cabang perlombaan) dalam ajang dwitahunan FORNAS nanti, meliputi 4 klasemen kategori Pasanggiri dan 12 klasemen kategori Festival Silat, dengan jumlah mencapai 60 peserta termasuk musik tradisional pengiring," ujarnya.


Tradisi pencak silat sekarang sudah menjadi warisan budaya takbenda dunia. Seluruh pemangku kepentingan perlu terus berkolaborasi untuk memajukannya, antara lain melalui berbagai event dan program berkelanjutan. Kami mohon doa restu dan dukungan dari semuanya. Semoga persiapan dan pelaksanaan dalam hajatan FORNAS VII nanti diberi kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT, demikian harapan dan doanya.[
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Latgab Bulanan PPSI Jakarta di Kotatua Jelang FORNAS VII di Jawa Barat

Terkini

Iklan