Iklan

Anggota DPR/MPR RI Fraksi Partai Demokrat, H. Santoso, Adakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

03 Juli 2023, Juli 03, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T07:43:00Z

Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat, Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat,
Santoso S.H, MH, mengadakan kegiatan seminar sekaligus sosialisasi 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal IKA, dan NKRI), yang diadakan di  Hotel Arcici Plumpang Jakarta Utara, Minggu (25/6/2023).

Dasar hukum sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini adalah UU Nomor 17 Tahun 2014 jo UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD Pasal 5 huruf a dan b, Pasal 11 C. Selain itu juga Peraturan MPR RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang tata Tertib MPR RI Pasal 6 huruf a dan b, Pasal 13 huruf C. 

Kegiatan yang bertema "Memperkokoh Wawasan Kebangsaan dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara” dihadiri oleh perwakilan para LSM, Ormas se Jakarta Utara, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda

Menurut H.Santoso, komitmen kebangsaan senantiasa dibina dan dipelihara sehingga tetap terpelihara persatuan dan kesatuan, kebersamaan, saling menghargai, guna tercapainya keserasian, keseimbangan dan keselarasan dalam segala aspek kehidupan.

Dalam meningkatkan pemahaman serta wawasan kebangsaan, perlu dimaknai nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus dasar negara; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45 demi memantapkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan.

Masih menurut Santoso, ideologi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

NKRI adalah bentuk negara yang terdiri dari banyak wilayah yang tersebar dengan kekayaan adat, suku, budaya, dan keyakinan yang memiliki tujuan dasar menjadi negara merdeka. Untuk meningkatkan kecintaan kepada NKRI, seluruh warga negara harus membangun rasa saling menghargai dengan segala macam perbedaan latar belakangnya.

Peningkatan pemahaman terhadap kemajemukan sosial budaya sebagai pencitraan dari budaya bangsa Indonesia yang semakin dewasa merupakan upaya membangun citra diri berdasarkan aktualisasi nilai-nilai kebhinekaan yang kita miliki. Untuk itu diharapkan tindakan nyata agar kebhinekaan ini tetap terjaga.


H. Santoso mengatakan, tujuan kegiatan seminar tersebut adalah pembinaan cinta tanah air melalui sosialisasi Wawasan Kebangsaan. Ia juga menambahkan kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan di ketuk tularkan sejak dini di lingkungan keluarga dan masyarakat guna menanamkan rasa cinta tanah air. [red]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anggota DPR/MPR RI Fraksi Partai Demokrat, H. Santoso, Adakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Terkini

Iklan