Iklan

Danrem 051/Wkt Yustinus Nono Yulianto, S.E, M.Si, Berikan Kuliah Umum di STT IKAT

31 Juli 2023, Juli 31, 2023 WIB Last Updated 2023-07-31T07:56:51Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Bekasi — Danrem 051/Wkt Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si, berikan Kuliah Umum kepada 100 orang Mahasiswa dan Mahasiswi Pasca Sarjana di Sekolah Tinggi Theologi IKAT Jakarta, Jl. Rempoa Permai No.2, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (29/7/2023)

Danrem 051/Wkt didampingi oleh Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Arh Redinal Dewanto, S. Sos., M.I.Pol., dan Kasi Ter Korem 051/Wkt Letkol Arm Sugiharto, diterima langsung oleh Direktur Pasca Sarjana STT IKAT DR. Jimmy Lumintang ,M.Th., Rektor STT IKAT Dr. Abdon Amtiran M.T.h.

Materi kuliah umum yang disampaikan oleh Danrem 051/Wkt adalah “Kristalisasi Nilai -nilai Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”.

Indonesia dengan kemajemukan,  multikulturalisme dan pluralisme memiliki kompleksitas permasalahan yang luar biasa. Perjuangan panjang para pendahulu hingga melahirkan Pancasila sebagai dasar negera dan falsafah hidup Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan Kristalisasi Nilai-Nilai Luhur Bangsa, yaitu Nilai Ketuhanan, Nilai Kemanusiaan, Nilai Persatuan, Nilai Kerakyatan, Nilai Keadilan. Tentunya seluruh Bangsa Indonesia harus berpegang teguh pada Pancasila demi tegaknya dan keutuhan NKRI.

Dewasa ini tantangan Globalisasi memunculkan persaingan ketat, kejahatan berdimensi baru disertai memudarnya nilai luhur kebangsaan yang jadi ancaman bagi Negara kesatuan Republik Indonesia. Medsos menjadi ladang dari tantangan Keberagaman, Intoleransi, Radikalisme, pro kebebasan dan Cyberisme.(Berita Hoax Ujaran kebencian), hal ini harus diwaspadai apalagi pada tahun politik saat ini. Jangan sampai kita di adu domba dengan Berita Hoax.

Menghadapi tantangan Globalisasi tersebut, bagaimana kita menjaga dan memelihara nilai nilai luhur Pancasila sehingga cita cita kebangsaan dapat terwujud, langkah-langkahnya adalah sbb :

IMPLEMENTASI : Mengamalkan Butir butir Pancasila dalam kehidupan.
PENOLAKAN : Menolak tegas ajaran atau faham yang bertentangan dengan nilai Pancasila.
PEDOMAN : Menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam bertindak dan perilaku.
PENDIDIKAN : Mengedepankan Pancasila dalam dunia pendidikan.

Adik adik Mahasiswa sekalian saat ini anda sedang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan IKAT, pesan saya "Mari kita sama-sama menjaga dan mengamalkan Pancasila."pungkasnya.

Menutup materi kuliah umumnya Danrem 051/Wkt menyampaikan, "Korem 051/Wkt aktif berpartisipasi dalam program 
mengatasi Stunting, Pembuatan Air Bersih, Babinsa masuk dapur, TMMD, Kampung Pancasila, kegiataan teritorial bersama masyarakat, pendidikan wawasan kebangsaan sehingga kita memiliki sikap dan perilaku serta menumbuhkan kesadaran bela Negara untuk kepentingan Nusa dan Bangsa.

@Sumber: Penrem 051/Wkt.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Danrem 051/Wkt Yustinus Nono Yulianto, S.E, M.Si, Berikan Kuliah Umum di STT IKAT

Terkini

Iklan