Iklan

Cegah Bullying di Sekolah, Koramil 05/Kramatjati, Adakan Hiat Army Go To School

06 November 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-06T10:45:18Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur - Upaya mencegah terjadinya bullying atau perundungan di sekolah, Koramil 05/Kramatjati , Makassar, mengadakan kegiatan Army Go To School, bertempat di SD 04 Cipinang Melayu jln. Kartika Eka Paksi RT.10/06 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makassar, Senin (6/11/23).

Penyampaian Danramil Kapten Arm Asnawi pada kegiatan Babinsa Army Go To School yang dilaksanakan di SD 04 Cipinang Melayu ini, dalam rangka memberikan Wawasan kebangsaan serta pengetahuan tentang bahaya Bullying terhadap kesehatan mental para Siswa -siswi.

Bullying merupakan hasrat untuk menyakiti yang diwujudkan kedalam sebuah aksi sehingga menyebabkan seseorang menderita. Aksi ini dilakukan secara langsung oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat, tidak bertanggung jawab, biasanya berulang dan dilakukan dengan keadaan senang.

Tanda-tanda anak menjadi korban 
bullying adalah mengalami kesulitan dalam bergaul, merasa takut datang ke sekolah, ketinggalan pelajaran, mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam pelajaran, kesehatan mental dan fisik akan berpengaruh baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam waktu yang cukup lama anak yang menjadi korban bullying akan menunjukkan gejala atau perilaku seperti penuh ketakutan karena truma dan menjadi malu atau kurang percaya diri. Kurangnya rasa percaya diri pada anak akan berakibat anak menjadi kurang menghargai dirinya sendiri yang akan mempengaruhi kemampuan anak mengatasi masalah atau tantangan dalam hidupnya.



Dalam kegiatan Babinsa Army Go To School tersebut, Babinsa Sertu Marginanto dan Serda Bikron yang dilaksanakan setelah kegiatan Upacara Bendera Hari Senin, langsung memberikan Wawasan kebangsaan terhadap para Siswa-siswi SDN 04 Cipinang Melayu, untuk tidak melakukan Bullying terhadap sesama para Siswa-siswi.

Pengarahan kepada para Siswa-siswi, tentang pentingnya hidup berdampingan dan saling menghargai di antara sesama."Kita semua harus bisa hidup saling berdampingan, toleransi, dan saling menghargai. Agar persatuan dan kesatuan bangsa bisa tetap terjaga, maka kita semua harus saling menghargai dan menghormati.

Kegiatan Army Go To School ini, adalah wujud nyata bahwa TNI hadir untuk memberikan rasa sejuk dan nyaman kepada para Siswa-siswi di sekolah.

Babinsa juga mengajak kepada para Siswa-siswi, untuk bersama-sama mencegah terjadinya bullying atau perundungan di sekolah, tandasnya.

Sumber: Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Cegah Bullying di Sekolah, Koramil 05/Kramatjati, Adakan Hiat Army Go To School

Terkini

Iklan