Iklan

Djarot Canangkan Gerakan Stop Sampah Di Kali Cibubur Krendang

11 Desember 2015, Desember 11, 2015 WIB Last Updated 2015-12-11T08:49:34Z
Gema Jakarta (GJ), Jakarta Barat - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mewakili Gubernur menghadiri acara puncak aksi publik Gerakan Stop Nyampah di Kali, tempatnya di bantaran kali cibubur depan puskesmas, Tambora Jakarta Barat, Jum’at (11/12) pagi.

Sejak diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) No 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI belum mau menerapkan sanksi denda Rp 500 ribu hingga Rp 50 juta kepada warga dan perusahaan yang membuang sampah ke kali. Melainkan akan menerapkan sanksi sosial bagi warga yang "nyampah" di kali.

Terkait penerapan Sanksi atau aturan, menurut Djarot belum mampu menimbulkan efek jera, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dianggap masih rendah. "aturan itu efektif, tapi tidak membuat jera, polisi sampah kewalahan, malam hari mereka buang sampah dikali," ungkapnya.

Menurut Wagub, Kondisi kali Cibubur memang memprihatinkan. selain mengalami pendangkalan, juga masih banyak sampah serta tercemar limbah domestik, ia menginginkan kali cibubur ditata lebih baik dan tidak ada lagi yang membuang sampah di kali.

"sepanjang limbah domestik tidak masuk kali, maka kali bisa bersih, tapi tidak meninggalkan bau dari limbah domestik, untuk itu perluperlu dilakukan edukasi dari masyarakat, terutama kepada para penerima penghargaan," ujar Wagub yang didampingi Wali Kota Jakarta Barat HM Anas Efendi. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan pengerukan lumpur dan saluran air pada kali cibubur krendang akan dikeruk besok, karena ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengantisifasi datangya musim hujan.(her).




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Djarot Canangkan Gerakan Stop Sampah Di Kali Cibubur Krendang

Terkini

Iklan