Iklan

2013, DKI Akan Bangun Masjid Raya dan Lapas

28 Oktober 2012, Oktober 28, 2012 WIB Last Updated 2015-07-22T08:03:54Z

Sejumlah program pembangunan terus digodok Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dan Wagub Basuki T Purnama. Salah satu yang menjadi kebutuhan saat ini, Pemprov DKI akan merealisasikan pembangunan Masjid Raya di ibu kota dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Tangerang, Banten, pada 2013 mendatang. Saat ini rencana tersebut segera dikaji di tingkat provinsi. Terutama untuk mengkaji lokasi yang tepat dan anggarannya.

"DKI harus memiliki Masjid Raya. Di DKI Jakarta, memang saat ini banyak terdapat masjid namun untuk Masjid Raya belum ada. Masjid Istiqlal dikelola pemerintah pusat. Demikian halnya Jakarta Islamic Center di Jakarta Utara, dikelola swasta. Nantinya Masjid Raya ini dikelola Pemprov DKI," ujar Basuki T Purnama, Wagub DKI saat menghadiri pelantikan pengurus DPP Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) periode 2012-2017 di Jakarta, Sabtu (27/10).

Sedangkan untuk pembangunan lapas pihaknya akan membuat di Kabupaten Tangerang, Banten, di lahan milik Pemprov DKI seluas 100 hektar yang saat ini masih menjadi tempat pembuangan sampah (TPS). Pemanfaatan lahan ini juga terkait dengan adanya perubahan rencana tata ruang dan wilayah Kabupaten Tangerang pada tahun 2013 yang akan menghapus tempat pembuangan sampah di tengah kota.

"Seperti lahan eks lokalisasi Kramat Tunggak yang disulap jadi Islamic Center. Lahan bekas TPS di Tangerang juga bisa kita ubah menjadi lapas. Kebetulan DKI juga kekurangan lapas," tambah Basuki.
Dengan adanya lapas baru ini diharapkan penghuni lapas yang melebihi batas kapasitas dapat dipindahkan ke tempat baru agar pembinaan terhadap warga binaan dapat berjalan optimal.(bjc)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 2013, DKI Akan Bangun Masjid Raya dan Lapas

Terkini

Iklan