Iklan

Jokowi-Ahok Di Lantik Di Gedung DPRD DKI Jakarta

16 Oktober 2012, Oktober 16, 2012 WIB Last Updated 2015-07-22T08:06:13Z



Foto : Paulus Sidik Budhiadi

Reporter - fotografer : Paulus SB, Nurhalim, Sanen Unen
Editor : Heri Haerudin

GemaJakarta - Joko Widodo-Basuki Tjahaya Purnama akhirnya resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Pelantikan keduanya dilakukan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam Sidang Istimewa Paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10).

Pengangkatan pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri dengan menyematkan sebuah tanda pangkat dan jabatan ke seragam dinas warna putih yang dikenakan Jokowi dan Ahok, serta menyerahkan Keputusan Presiden Nomor 88/P/2012 tanggal 8 Oktober 2012 tentang pengangkatan joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama sebagai Gubernur dan Wakil gubernur DKI Jakarta Periode 2012-2017.

"Janji dan sumpah yang saudara ucapkan adalah tangung jawab terhadap rakyat dan negara. Sumpah dan janji ini disaksikan oleh Tuhan YME," kata Gamawan Fauzi saat membacakan sumpah jabatan gubernur DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Gamawan juga memuji sikap Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, yang sudah legowo dengan hasil Pilkada DKI Jakarta. Sikap kenegarawanan Foke patut ditiru

Kemudian, Jokowi juga menyambut ucapan selamat tersebut dan balik memuji apa yang telah dilakukan Fauzi Bowo Selama lima tahun menjalankan pemerintahan.

"Jokowi-Ahok juga merangkul pendahulunya untuk membangun Jakarta. Alangkah indahnya demokrasi," kata Gamawan.

Tambahnya "Kami percaya, saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,"

Pada kesempatan itu Jokowi dan Ahok juga menandatangani Pakta Integritas dan menerima memori jabatan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012, Fauzi Bowo (Foke)-Prijanto.

Dengan bimbingan dari Menteri Dalam Negeri, sebelumnya Jokowi-Ahok juga membacakan sumpah dan janji jabatan untuk memenuhi kewajiban sebagai gubernur/wakil gubernur DKI Jakarta sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Mereka juga berjanji akan memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa., Sebelum pembacaan sumpah, Gamawan mengingatkan bahwa "janji ini mengandung tanggung jawab kepada bangsa dan negara, menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945."

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri, Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, Ketua Gerakan Rakyat Indonesia Baru Hercules dan lain sebagainya.

File Foto Kegiatan Pelantikan Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta

Foto : Sanen Unen

Foto : Sanen Unen

Foto : Sanen Unen

Foto : Sanen Unen

Foto : Nurhalim

Foto : Sanen Unen

Foto : Dok

TIAP HARI JOKOWI SIAP TURUN DARI RT KE RT
Setelah dilantik sebagai gubernur dan waki gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, langsung menemui warga Jakarta di halaman Gedung DPRD DKI Jakarta

Dalam sambutannya di hadapan ribuan pendukungnya, Jokowi kembali menyampaikan terima kasih kepada mayarakat yang telah memberikan dukungan. Baik bantuan pemikiran dan tenaga yang telah diberikan selama ini.

"Tidak ada yang bisa saya balas kecuali ucapan terima kasih. Tidak ada kata yang lebih baik yang ingin saya sampaikan kecuali terima kasih," kata Jokowi, saat menemui massa pendukungnya.

"Saya akan tetap turun dari kampung-ke kampung, dari wilayah RT ke RT. Itu tetap akan saya lakukan setiap hari," katanya.

Sebagai orang yang terpilih memimpin ibu kota, sejumlah perencanaan pembangunan telah disiapkan Gubernur Joko Widodo (Jokowi). Namun, keberhasilan program tersebut, juga tak lepas dari dukungan dan partisipasi warga. Karena itu, Jokowi meminta warga ikut mengawal program yang akan dijalankannya agar berjalan dengan baik, Jokowi berharap agar program yang dijanjikannya pada masa kampanye dapat segera terwujud dan cepat direalisasikan kepada masyarakat.
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jokowi-Ahok Di Lantik Di Gedung DPRD DKI Jakarta

Terkini

Iklan