Warga Rt.03/05 Tegal Alur Cegah Wabah Covid-19

Gema Jakarta, Jakarta - Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus Covid - 19 warga di Lingkungan Rt.03 Rw.05 Kelurahan Tegal Alur, Kecamatan Kalideres ini ramai - ramai melakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Bakri Utomo selaku Ketua Rt ini menyusuri setiap rumah, mushola dan masjid yang ada dan melakukan penyemprotan pada pintu, dinding, pagar dan beberapa titik sentuh yang dimungkinkan menempelnya virus.


Tak ketinggalan para staff Rt serta tokoh masyarakat yang juga terlibat langsung selama kegiatan penyemprotan berlangsung. Lingkungan pemukiman yang mayoritas berada pada gang - gang kecil seluruhnya tak luput dari penyemprotan petugas yang di dominasi oleh bapak - bapak yang secara bergantian bertugas melakukan penyemprotan.

Kegiatan yang dilakukan secara swadaya ini merupakan aksi sadar diri masyarakat tanpa harus menunggu bantuan dari pihak manapun terkait penyediaan alat dan bahan.


"Berbekal alat penyemprotan sederhana yang kami rangkai dan bahan baku yang dibeli secara swadaya tak menyurutkan semangat kami sebagai warga untuk melakukan penyemprotan setiap hari minggu pagi hingga menjelang siang dan ini akan terus dilakukan hingga pemerintah secara resmi menyatakan bahwa Indonesia dan khususnya Jakarta bersih dan terbebas dari virus corona", ujar Bakri Utomo.

Ia menambahkan, "Saya pikir dalam melakukan upaya pencegahan semakin mewabahnya virus corona di lingkungan, para ketua - ketua Rt maupun Rw bisa melakukannya secara swadaya dengan melibatkan warga terutama bapak - bapak dan anak muda dan untuk membuat bahan bisa kita pelajari dari berbagai sumber yang ada yang memang banyak di infokan lewat berbagai cara dan dengan begini maka otomatis kita membantu pemerintah dan keuntungannya kembali kepada diri kita semua dimana lingkungan kita aman dari virus corona".

H. Mulya yang menghubungi pihak media menyampaikan, "kami sebagai warga masyarakat menyadari bahwa perlunya kita melakukan tindakan upaya pencegahan ini secara bersama - sama, masyarakat, Rt, Rw, Kelurahan dan yang lainnya sehingga keadaan bisa kembali normal dan tentu itu semua yang kita harapkan bersama dan oleh karenanya mari kita semua dengan segala keterbatasan yang ada tetap optimis bahwa kita semua benar - benar bisa terhindar dari wabah virus corona tentu dengan upaya nyata bersama dan dilakukan secara maksimal". (Andre Hans)