Iklan

Webinar Forkopimko Jakarta Utara Bahas Antisipasi Musim Penghujan

29 Oktober 2021, Oktober 29, 2021 WIB Last Updated 2021-10-29T06:06:42Z
Webinar Forkopimko Jakarta Utara Bahas Antisipasi Musim Penghujan, Kamis (28/10/2021)

Gema Jakarta, - Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Administrasi Jakarta Utara menggelar kegiatan webinar yang membahas tentang kesiapan menghadapi musim penghujan. Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menjelaskan kegiatan ini akan meningkatkan komunikasi dan koordinasi yang intensif antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan. 

"Kita harus mempersiapkan semua kemungkinan sebagai upaya mengantisipasi musim penghujan. Apalagi wilayah Jakarta Utara berbeda dengan wilayah lain karena berhadapan langsung dengan laut," ungkap Ali saat mengikuti webinar di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (28/10). 

Walikota mengimbau kepada semua pihak untuk bersiaga menghadapi musim penghujan. "Semua unsur dan pemangku kepentingan harus berkolaborasi dalam pengelolaan posko bencana hingga ke tingkat kelurahan dan RW terutama di titik-titik rawan genangan. Maksimalkan kegiatan gerebek lumpur di setiap kecamatan, pastikan saluran air berfungsi dengan baik, aktifkan rumah pompa, persiapkan lokasi pengungsian, dan hal lainnya," pesannya. 

Selain itu, ada tiga penyebab terjadinya genangan di wilayah Jakarta Utara yaitu curah hujan dengan intensitas tinggi, aliran air yang bersumber dari wilayah selatan kemudian Jakarta Utara termasuk wilayah pesisir yang terpengaruh dengan kondisi air pasang. "Kita harus siap siaga dan merespon cepat untuk mengantisipasi hal tersebut," tuturnya. 

Dalam kegiatan webinar tersebut, Walikota bersama Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Guruh Arif Darmawan, dan Dandim 0502 JU, Kolonel Inf Roynald Sumendap menguatkan komitmen dalam upaya penanggulangan bencana di wilayah Jakarta Utara. "Mudah-mudahan ilmu yang kita dapatkan melalui webinar ini bisa di getuk tularkan dan menjadi pengingat kita semua untuk selalu waspada dan merespon cepat apabila terjadi sesuatu hal yang bersifat dadakan agar tertangani dengan baik," ujar Ali. 

Untuk menambah wawasan tentang antisipasi potensi bencana, analisis perkembangan musim hujan, dan prediksi tinggi banjir rob maka dihadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten seperti Letkol Laut (KH) Gentio Harsono dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) , Koordinator Bidang Informasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Hary Tirto Djatmiko, dan motivator dari ESQ Leadership Center, Hasan Basri.

Sumber : KOMINFOTIK JU/RHN
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Webinar Forkopimko Jakarta Utara Bahas Antisipasi Musim Penghujan

Terkini

Iklan