Iklan

Sang Sultan, Penyumbang Harta Kekayaan Demi Berdirinya Republik Indonesia

23 Januari 2022, Januari 23, 2022 WIB Last Updated 2022-01-23T11:14:04Z
Sultan Syarif Kasim II, Sultan Ke 12 Siak Sri Indrapura (Foto:ist)

Gema Jakarta - Orang paling ikhlas di Indonesia itu adalah Sultan Syarif Kasim II, Sultan ke-12 Siak Sri Indrapura.

Demi berdirinya Republik Indonesia, sang Sultan menyumbangkan seluruh harta kekayaan yang dia miliki, seperti, 13 uang gulden, mahkota, pusaka kerajaan, tanah, kekuasaan dan istananya.

Selain menyumbangkan seluruh hartanya, sang Sultan juga juga ikut berjuang dan bergerilya dengan Kaum Republikan dari Aceh, tepatnya dari Resimen Rencong dengan pangkat Kolonel.

Sang Sultan juga merupakan aktor dibalik layar perjuangan Kaum Republikan di Pulau Sumatera, di mana selain menyumbangkan harta, sang Sultan juga mengobarkan semangat Perjuangan melawan Belanda dari stasiun Radio Republik Indonesia yang ada di Banda Aceh.

Namun di akhir hayatnya, sang Sultan hidup dalam keadaan serba kekurangan dan meninggal sebagai Rakyat biasa.

Pertanyaan buat kita, saat ini apa yang telah kita berikan pada bangsa dan negara ini, apakah kita bisa seperti beliau, jawabannya tidak bisa karna kita terbalik apa yang negara dan bangsa berikan kepada kita.

Menuntut kepada negara gaji serta tunjangan yang besar tanpa kita memikirkan bagaimana kisah mereka yang berjuang untuk tegaknya negara ini mereka yang berkorban hartanya, nyawa, darah dan jiwa raga.

Coba kalau kita bandingkan dan pikir dengan hati yang jujur, apakah kita bisa disebut sebagai yang berjuang untuk negeri ini, kita dan para pendiri negeri bagaikan langit dan bumi.

Penulis : Hendri effendi
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sang Sultan, Penyumbang Harta Kekayaan Demi Berdirinya Republik Indonesia

Terkini

Iklan