Iklan

Anggota DPR RI Komisi III Partai Demokrat, H. Santoso Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

27 Desember 2023, Desember 27, 2023 WIB Last Updated 2023-12-27T11:11:33Z

NEWSGEMAJAKARTA.COM, JAKARTA — 
Anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat, H.Santoso, SH, MH himbau masyarakat agar dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari hari terkait dengan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Himbauan ini diutarakan dalam kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dihelat di RW.016, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Selasa (26/10/2023).

Perlu diketahui Santoso yang bertugas di Komisi III itu membidangi penegakan hukum dan hak asasi manusia, yang berkaitan langsung dengan kebangsaan.

"Kami di DPR RI mendapatkan tugas untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan kepada masyarakat. Artinya mari kita bersama-sama menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Santoso saat melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan.

Empat pilar kebangsaan ini memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan nasib bangsa, karena jika pilar itu tidak kokoh atau rapuh, akan berakibat robohnya bangunan yang disangganya.

Pilar negara harus memenuhi syarat, yakni disamping kokoh dan kuat, juga harus sesuai dengan negara yang disangganya, 4 pilar kebangsaan yang juga adalah sebuah sistem keyakinan atau sistem filosofis yang berisi konsep, prinsip, dan nilai yang dianut oleh rakyat negara-bangsa yang bersangkutan yang diyakini dapat digunakan sebagai dasar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pilar yang berupa sistem keyakinan harus memastikan negara-bangsa tetap kokoh, memastikan terwujudnya ketertiban, keamanan, dan kenyamanan, serta mampu mencapai kesejahteraan dan keadilan. [BB/Yoes]
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Anggota DPR RI Komisi III Partai Demokrat, H. Santoso Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Terkini

Iklan