Iklan

Merajut Kebersamaan Menuju Pemilu Damai, Danramil Matraman Berikan Materi Wasbang

30 Desember 2023, Desember 30, 2023 WIB Last Updated 2023-12-30T11:12:34Z

Kodim 0505/Jakarta Timur - Danramil 02/Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, S,Sos,M,Si, menjadi Narasumber memberikan materi Wasbang tentang *Peran Komponen Masyarakat dalam merajut Kemerdekaan dengan meneguhkan Pancasila untuk terciptanya Pemilu Damai* bertempat di balai warga RT 01/06 Kelurahan Utan Kayu Selatan Kecamatan Matraman, Sabtu (30/12/23). 

Kegiatan Wawasan Kebangsaan yang di selenggarakan di Wilayah Kelurahan Utan Kayu Selatan ini dihadiri oleh beberapa Narasumber yakni Danramil Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman, BNN Fadly , Gentari Andrew, Tokoh masyarakat Ustad Samsudin, Ketua RW.06 Aris Widodo, perangkat RT dan 100 orang Warga Utan Kayu Selatan.

Penyampaian Materi Wasbang oleh Danramil terhadap Elemen masyarakat yakni pengertian wawasan kebangsaan yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri, lingkunganya dan tanah airnya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, Undang-undang Negara Republik Indonesia 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam konteks penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dalam upaya mewujudkan cita-cita Nasional.

Lanjut Danramil, pemahaman wawasan kebangsaan sangat penting dan harus disadari bagi setiap orang, khususnya bagi generasi muda, karena hal ini merupakan bentuk rasa cinta terhadap negara Indonesia. Sejak era reformasi sampai dengan saat ini wawasan kebangsaan mengalami kemunduran dan kehilangan semangatnya yaitu masih miskinnya Nasionalisme, terjadinya konflik horizontal bernuansa SARA dan konflik vertikal dibeberapa daerah serta paham golongan yang mengkristal.

Di era globalisasi ini  sangatlah penting menanamkan pemahaman wawasan kebangsaan pada diri generasi muda serta komponen masyarakat lainnya karena sumber potensial dimasa yang akan datang. Generasi muda merupakan potensi bangsa yang dipersiapkan untuk dapat berprestasi dan memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan Bangsa dan Negara. Bila pemahaman wawasan kebangsaan meningkat maka keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI akan menjadi kuat karena dengan sadar  muncul semangat dan dorongan hati, di era Tahun Politik ini untuk saling menghormati, menghargai perbedaan pendapat serta menjaga Pemilu Damai.

Ditempat yang sama Fadly dari BNN juga menyampaikan Penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan Upaya - upaya pendekatan terhadap para generasi muda serta komponen masyarakat lainnya dengan tujuan meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba dan setelah diadakan penyuluhan diharapkan adanya perubahan pada sikap, tingkah laku dan pengetahuan generasi muda serta komponen masyarakat lainnya.

Aris Widodo selaku Ketua RW.06 Utan Kayu Selatan pada kegiatan tersebut mengungkapkan "terimakasih kepada Danramil Matraman, BNN, Gentari, Tokoh masyarakat yang telah memberikan Wasbang dan penyuluhan tentang bahaya Narkoba, diharapkan dengan selesainya kegiatan tersebut, warga Utan Kayu Selatan yang sudah rukun dalam menjalin tali silaturahmi ini, akan lebih baik lagi dalam menjaga Kamtibmas wilayahnya,". tutup ketua RW.06.

*Sumber Kodim 0505/JT
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Merajut Kebersamaan Menuju Pemilu Damai, Danramil Matraman Berikan Materi Wasbang

Terkini

Iklan