Iklan

Mengunjungi Objek Wisata di Kuningan Jawa Barat

14 September 2015, September 14, 2015 WIB Last Updated 2015-11-18T03:28:02Z



Telaga Remis Objek Wisata di Kuningan
Objek wisata di Kuningan yang sudah populer ini merupakan sebuah danau yang terletak di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. Lokasi objek wisata ini berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan. Diberi nama telaga remis karena di danau ini banyak terdapat binatang remis, sejenis kerang air tawar berwarna kuning yang memiliki protein yang tinggi. Objek wisata ini memiliki luas areal kurang Iebih 13 H, dengan luas danaunya sekitar 3,25 H.
Di telaga remis sobat akan menikmati segarnya udara pegunungan dengan pemandangan hutan pinus yang hijau serta air talaga yang jernih. Sobat bisa mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau sepeda air, bisa juga sobat berjalan kaki menikmati keindahan danau dan hutan. Di sini juga terdapat banyak rumah makan dengan menu utamanya adalah ikan, seperti gurame, ikan mas, nila, dll. Soal rasa jangan ditanya.. Mantap deh pokoknya

Taman Wisata Alam Linggarjati

Taman Wisata Alam Linggarjati merupakan objek wisata di Kuningan yang terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus, tempat ini dikenal memiliki panorama alam yang indah dengan udaranya yang sejuk. Di sini sobat bisa melihat keindahan Gunung Ciremai dari kejauhan, Fasilitas di objek wisata ini cukup lengkap, seperti kolam renang, sepeda air, arena bermain anak, dan sarana outbound.
Tidak jauh dari Taman Wisata Alam Linggarjati, terdapat gedung yang memiliki sejarah pada masa awal kemerdekaan. Gedung tersebut merupakan tempat berlangsungnya perundingan antara Pemerintah Indonesia dengan Hindia Belanda yang kemudian kita kenal sebagai Perundingan Linggarjati. Di dalam gedung tersebut sobat bisa melihat Miniatur berupa patung dari para delegasi perundingan, lengkap dengan furniture yang menyerupai aslinya.

Waduk Darma

Objek Wisata di Kuningan ini terletak di sebelah barat daya dari pusat kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara Kecamatan Darma. Jarak dari pusat kota Kuningan menuju Waduk Darma sekitar 12 km. Waduk yang berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan ini juga ternyata memiliki sarana rekreasi yang bisa sobat kunjungi bersama keluarga atau rekan – rekan.
Waduk yang dikelilingi oleh bukit ini memiliki hawa yang sejuk dengan pemandangan yang indah. Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini antara lain: areal camping, wisata air dengan perahu motor, kolam renang, cottage, dan gedung tempat pertemuan/meeting dengan kapasitas 100 orang

Sangkanhurip

Objek Wisata di Kuningan yang satu ini merupakan tempat yang tepat untuk melakukan relaksasi otot – otot sobat. Yup… Sangkanhurip merupakan objek wisata pemandian air panas yang terletak di kaki Gunung Ciremai tepatnya di Desa Sangkanhurip Kecamatan Cilimus, jarak dari pusat kota Kuningan kurang lebih 14 km. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang dan kamar berendam tertutup bagi sobat yang menginginkan privasi dan kenyamanan berendam.
Selain berendam air panas, sobat juga bisa berkeliling desa Sangkanhurip untuk menikmati panorama alamnya yang indah dengan menyewa delman atau kuda. Di Sangkanhurip juga tersedia resort dengan fasilitas yang lengkap sebagai tempat sobat menginap

 

Taman Rekreasi Curug Sidomba

Curug Sidomba Objek Wisata di KuninganObjek Wisata di Kuningan ini memiliki nama yang unik, disebut unik karena objek wisata ini memiliki nama jenis bintang yaitu domba. Diberi nama itu karena konon katanya tempat rekreasi ini merupakan tempat gembala domba yang memiliki jumlah tanduk lebih dari dua. Letak taman rekreasi curug Sidomba adalah di desa Peusing kecamatan Jalaksana.
Curug atau yang dalam bahasa Indonesia adalah air terjun Sidomba ini memiliki ketinggian 3 meter, yang merupakan air terjun buatan dari sungai yang mengalir melalui daerah ini. Di sini sobat akan melihat air yang jernih, dingin, dan segar, yang bersumber dari mata air Gunung Ciremai. Fasilitas yang terdapat di Curug Sidomba antara lain restaurant, arena bermain anak, camping ground, dan Mesjid megah dengan satu menara tinggi. Untuk menuju keatas menara Mesjid, sobat harus melalui anak tangga yang berjumlah 99. Dari atas menara sobat akan melihat keindahan alam kaki Gunung Ciremai.

Situs Purbakala Cipari

Situs Purbakala CipariSitus Purbakala Cipari adalah situs peninggalan era megalitikum. Situs yang berada pada ketinggian 661 mdpl ini terletak di Kampung Cipari, Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, dengan jarak kurang lebih 4 km dari pusat kota Kuningan. Situs Purbakala Cipari pertama kali ditemukan pada tahun 1972 dengan ditemukannya sebuah peti kubur batu yang merupakan satu ciri dari kebudayaan masa prasejarah. Di sini sobat bisa melihat dolmen yang merupakan meja batu tempat meletakkan sesaji yang dipersembahkan kepada roh nenek moyang, dakon yang merupakan alat untuk meramu obat, dan batu – batu yang disusun membentuk lingkaran yang katanya merupakan tempat musyawarah.
Lokasi ini juga dilengkapi museum yang memamerkan barang – barang temuan, seperti kapak batu, gelang batu, kapak perunggu, gerabah, tembikar, dan barang purbakala lainnya. Objek wisata di Kuningan ini merupakan tempat wisata pendidikan yang bisa sobat kunjungi bersama anak ataupun keluarga

Wisata Pedesaan Sitonjul

Wisata Pedesaan SitonjulWisata Pedesaan Sitonjul merupakan salah satu objek wisata di Kuningan yang letaknya masih di daerah Sangkanhurip, Sitonjul merupakan akronim dari dua nama dusun yaitu Dusun Simenyan Kidul dan Munjul Kaler. Wisata pedesaan ini daya tariknya terletak pada kehidupan sosial budaya masyarakat dengan keaslian alam pedesaannya. Kegiatan wisata alam sobat di sini adalah dengan berjalan kaki sepanjang kurang lebih 4 Km menyusuri alam pedesaan, sepanjang perjalanan sobat akan disuguhi pesona suasana kehidupan pedesaan dengan udara yang sejuk dan segar. Di sini sobat akan melihat kegiatan petani desa, keanekaragaman hayati, air terjun bendungan katiga, serta sungai dengan airnya yang jernih, sobat juga bisa mandi di sungai tersebut.
Update: Desa wisata ini sekarang kurang terawat dengan baik. Semoga pengelola bisa merawat lebih baik lagi agar desa wisata ini menjadi semakin baik.

Cibulan Objek Wisata di Kuningan

Cibulan Objek Wisata di KuninganCibulan merupakan objek wisata Kolam pemandian air dingin tertua di Kuningan, letak objek wisata ini di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, atau sekitar 7 km dari pusat Kota Kuningan ke arah utara. Objek wisata di Kuningan ini memiliki keunikan, di sini sobat akan berenang di kolam bersama ikan yang disebut ikan dewa. Ikan tersebut dikeramatkan oleh warga sekitar, menurut cerita ikan dewa yang ada di kolam Cibulan ini dahulunya adalah prajurit-prajurit yang membangkang atau tidak setia pada Prabu Siliwangi sehingga dikutuk menjadi ikan. Ikan-ikan dewa ini dari dulu hingga sekarang jumlahnya tidak berkurang maupun bertambah. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang entah kemana, namun saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi dengan jumlah seperti semula. Jadi disini sobat bisa berenang sambil bermain dengan ikan, sungguh mengasikkan bukan.. :)Sambil berenang sobat bisa menyentuh dan memberi makan ikan dewa, tapi sobat tidak boleh memakan apalagi membawa pulang.
Objek wisata di Kuningan ini memiliki dua kolam pemandian, kolam pertama memiliki ukuran 35×15 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan kolam kedua memiliki ukuran 45×15 meter dengan kedalam 60 centimeter hingga 120 centimeter. Kedua kolam tersebut terawat dengan baik, airnya selalu bersih dan terjaga karena rutin dibersihkan oleh pengelola.
Cibulan Objek Wisata di KuninganPada sudut barat objek wisata di Kuningan ini terdapat tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur. Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri, yaitu: Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Tujuh mata air itu terletak mengelilingi sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan Prabu Siliwangi ketika ia beristirahat sekembalinya dari perang melawan Kesultanan Mataram. Petilasan itu berupa susunan batu seperti menhir dan dua patung harimau loreng (lambang kebesaran Raja Agung Pajajaran).

Balong Keramat Darmaloka

Balong Keramat Darmaloka KuninganBalong Keramat Darmaloka berlokasi di desa Darma, kecamatan Darma, jaraknya sekitar 13 km ke arah selatan dari pusat kota Kuningan. Balong yang dalam bahasa Indonesia adalah kolam ini konon merupakan bekas peninggalan zaman Walisanga dalam rangka penyebaran agama islam. Objek Wisata di Kuningan Balong Keramat Darmaloka sebenarnya terdiri dari beberapa bagian balong, yaitu Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, Bale Kambang dan Sumber Air Cibinuang

Curug Putri

Curug Putri Objek Wisata di KuninganCurug Putri terletak didalam kawasan Bumi Perkemahan Palutungan yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Kuningan. Curug Putri memiliki ketinggian mencapai 20 meter, air curug berasal dari mata air yang ada di Gunung Ciremai. Kawasan ini masuk kedalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dan menjadi salah satu jalur pendakian untuk menuju puncak Gunung Ciremai.
Objek Wisata di Kuningan ini menyuguhkan pemandangan air terjun yang indah, di sini sobat bisa menikmati segarnya air gunung yang jernih dan alami, dari pintu masuk Palutungan sobat harus berjalan selama kurang lebih 10 menit untuk menuju Curug Putri dengan melewati beberapa anak tangga. Jika sobat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, maka belum lengkap jika sobat tidak mengunjungi objek wisata yang satu ini.
Mengunjungi objek wisata di Kuningan memang sangat menarik, so.. Jangan lewatkan untuk pergi berwisata ke salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Barat ini..

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengunjungi Objek Wisata di Kuningan Jawa Barat

Terkini

Iklan